Opera Band (??)

Hhhh… akhirnya tiba juga hari ini, hari Minggu pagi nan cerah… =D

Pagi-pagi ke tempat Mitha, yup.. ber-dan-dan ria, wakakakak…

As3 membuatkan renda-renda pada jilbabku, lucu sekali.. aku sangat suka!! kayak dikuncir dua gitu gaya khas kerajaan gothic dulu, suka… =P

Eh, baru kali ini aku dan-dan sendiri mukanya.. soalnya semua juga pada sibuk jadi sendiri-sendiri wae.. Menjelang jam11, Wiku, Pram dan Rida belum datang. Sempat panik juga soalnya kita disuruh disana jam12. Menurut band yang kemarin tampil, acaranya tuh sangat tepat waktu. Wuhuu..

Jadinya aku latihan aja pakai keyboard, lesehan di lantai… nunggu pada datang semua. Si Rida, sang drumer datang juga.. waakkk… keren bajunya, anak Band banget.. celana robek-robek, kemeja sempit, rambut super di wax, pakai kalung logam, dan ber-tato (eh, kok jadi se-detail itu? hehehe…nyo..). Gak nyangka, tampangnya kan masih imut, baru 19 pula, tapi sudah ber-tato beneran euy.. serem. Anak Band banged lah dia, saat ini punya 8 band dan sudah bermain lebih dari 10 band, waaaww… saluuuttt….!! Pantesan maennya mantap banget.

Setelah itu Wiku datang… mari merias! Aku lagi asikt maen qbor tiba-tiba ada hantu datang.. eh, Restu!! KAGET..!! Beneran kaget soalnya udah pakai kostum, ala tuxedo bertopeng tapi dengan rambut ala F4 dan riasan kayak Marlyn Manson, eh maksudnya pucet dan ber-eye liner item! Hwaa… takut! Kalau itu bukan temanku sendiri, aku udah ngacir deh. Si Astri, our vokalis satu lagi.. juga kayak hantu cantik, hehe… cute sih! tapi serem =D . Bajunya tuh gak nahaaann… bagus!! kayak putri..

Jam 12.. eng-ing-eng.. Pram akhirnya baru datang dari pelantikan OS, dengan tampang tepar dan wah.. tertekan! Kasian.. gak tega euy.. tapi kita langsung menuju AACC. Hantu-hantu di mobil.. ohohoho… Aku sendiri jangan-jangan lebih mirip kayak ondel-ondel yah.. pakai lipstik putih biar keliatan lebih pucat, hhh…

Pas nyampe di AACC… ternyata sepi karena lagi break. Kita menunggu di backstage ajah d.. Jam 13.30, saatnya Eclipse tampil!! Haiikk… band paling rame dengan 9 personil. Untung gak ambruk tuh panggung. Asik aku pakai Roland RD 700!! =P

Aku gak tahu yah gimana cara me-monitor yang benar, kukira suara piano nya terlalu kencang jadi kukecilkan.. ternyata malah gak kedengaran katanya. Gapapa lah baru pertama kali ini manggung bareng band. Menurutku sih pas sedang berjalan lagu, lancar… berjalan hampir sama kayak pas latihan. Cuman bedanya, benar-benar gak bisa dengar satu sama lain!! Gyaa… Yang jadi patokanku satu, DRUM!! Yang laen gak kedengeran… hajar bleh!

Yang aku kaget, nyeh.. si Astri dan Restu melakukan aksi panggung yang keren!! Gyaabbooo…. serasa nonton opera! Dengan lagu yang menyayat-nyayat seperti itu keren banget akting mereka berdua.. gak pernah kayak gitu selama latihan. Pakai duduk bersimpuh segala lah, kereennn….!! gothic d.. serasa nonton Phantom Of The Opera tapi yang cast-nya corpse, hehehe…

 Gothic1blm make-upnaon? iseng…

Nocturne dan Promettre akhirnya selesai kita bawakan… Alhamdulillah…selesai dah! Tiba saat komentar para juri. Kita disuruh ke backstage biar gak kebanyakan, jadi cuma vokalis aja stay di panggung. Intinya sih menurut mereka yang aku tangkep : : “KONSEP band-nya udah kuat banget”

“… kalian kalau mau jadi band Opera, tanggung juga..”

“.. tau gak sih, saya riweh lihat kalian di panggung yang pemain musik pada sibuk sendiri satu-satu..”,

“.. teknik vokal bla..bla..bla..”,

“… ah, kalau buat Indie Fest sih kalian NTAR dulu deh…”,

“.. tahu gak sih, musik kalian tuh terlalu ‘tinggi’, berat.. saya pusing nih susah mencernanya..”,

“…performance kalian kurang!!! Gak kompak satu sama lain gak balance…”

Huuuuuww… kok gitu semua?? Padahal selama aku main kayaknya asik-asik aja tuh.. masa bodoh lah apa kata orang. Mungkin mereka asing sama band aneh satu ini dengan genre musik yang tidak bisa diklasifikasikan… Menurutku Gothic-Rock-Classic. Tapi menurut juri, band OPERA… ada juga yang bilang Rock-Progresif..ada juga yang bilang gothic-melancholic..

Emang sih, yang di incer disini kan ke-INDIE-an band.. sedangkan indie itu identik dengan anak muda. Anak muda sukanya musik yang asik, yang nyante, yang enak buat didengar.. bukan yang bikin dahi mengerut mungkin.

Di backstage tiba-tiba ada orang gede..cwo.. botak… datengin kita, minta nomor CP-nya. Ternyata dia ngundang kita ke acara Progresif Rock gitchu.. hwaaa…. dan tau gak, setelah diselidiki, kita baru nyadar kalau dia itu bassis-nya Pure Saturday!! band Indie paling besar, fenomenal euy.. waw… Ada yang bilang gini, wah..Eclipse udah bikin bassis Pure Saturday bangkit dari meja juri dan langsung lari ke backstage buat nemuin band kalian!! Hwah… senang! ternyata dia emang suka jenis musik ‘unik’ kayak kita.

Yah, sekali lagi.. ini menyangkut selera. Menurutku, kalau di Indonesia kita gak akan bisa menguasai pasar yang kebanyakan seleranya seperti, UNGU, Ada-Band, RADJA, Peter Pan.. makanya itu, minggu depan kita mau nge-jam lagu-lagu Peter Pan (loh??).

Over-all… seru lah! apapun yang kita lakuin.. benar-benar pengalaman. Eclipse manggung pertama kali dengan formasi baru, udah gitu langsung di Indie Fest dengan latihan di studio cuma 4x, dan GAK PERNAH dalam formasi komplit!! Selaluuu aja ada yang gak lengkap. Eh, tapi pernah d sekali pas duluuu pernah lengkap kayaknya yah, ho…

Oia, ada Gura+istri datang… terus ada Puzie+Wapu datang… wah, para ‘senior’ Eclipse datang! Senangnya… pokoknya..

Malamnya.. MAKAN-makan dan menggila.. huaduh.. puyeng deh di CiWalk ribut banget ada kita. Ada pasangan baru juga tuh… Selamat ya Pram dan Wiku, wakakakak… asik yah, rame-rame gini..

Great day, hmmm… =)

Mudah-mudahan lain kali Eclipse bisa lebih baik di setiap performance-nya dan lebih rajin latian rutin… ohohohoho..

amin…