JEC and RadioTherapy

18th July 2007 (baru sempat posting sekarang, hehe)

JEC

Kemarin malam… buru-buru ke JEC (Jakarta Eye Centre) sama mamaku. Hmm.. ternyata kakek ku harus dioperasi besok pagi kataraknya dan pembuluh retinanya. Katanya sih udah parah, hwaa… Jadi deh, pulang KP langsung melesat kesana walaupun sempat keder dan nyasar-nyasar sama mama. Ngantuk..

FYI, Alhamdulillah operasi lancar.. tapi kakek ku harus tengkurep selama 3 minggu. Karena untuk menjaga agar bola matanya gak copot, huhu… iya, jadi ada gas di dalam sana dan biar ikatannya kuat (abis operasi) jadi pemulihannya 3minggu gak boleh dongak. Hhh… capye deh.

Eh, masa ada anak 19 thn disamping kamar kakek ku operasi pasang lensa dalam mata! Minus nya 16-an, gak bisa dilasik… pas udah di pasang, dia kesenengan nyanyi-nyanyi. Semua benda diliatin!! Saking senangnya, kayak punya mata baru. Aku disuruh dilasik, tapi gak mau ah, seram… =(   minusku kan 6.5 ditambah silinder 0.5 dan 1.o, enaknya gimana yah? Pakai kaca mata aja d, hehe….

————————————————————————————————————————

Radiotherapy

Pagi ini datang ke kantor dengan muka yang bersemangat karena hari ini kita akan pergi ke RSPP buat melihat alat Radiotherapy-nya tempat KP ku, yaitu produk Primus (namanya doanx), yang menggunakan LINAC (Linear Accelelator). Kesan-kesanku di tempat itu adalah -> menyenangkan!! Tempat paling asik dari beberapa RS yang sudah dikunjungi, soalnya selain tempatnya guedhee dan canggih, orang-orangnya juga ramah.

Intinya, terapi ini untuk pasien penderita KANKER!!

Yang kanker stadium awal : kemungkinan bisa disembuhkan dan dihancurkan tumor/ sel kanker nya karena belum menyebar terlalu luas.

Yang kanker stadium berat dan sudah operasi : bisa meningkatkan kualitas hidup. Karena, bisa mengurangi rasa sakit. Selain itu, bagi yang kankernya sudah menyebar ke tulang, bisa menguatkan tulang agar tidak cepat patah. Huhu… jadi ingat, dulu ada pasien yang kankernya sampai menyerang tulang padahal dari kanker payudara asalnya. Saat menyerang kaki, kakinya dipotong… pas nyerang tangan, tangannya dipotong. Jadi pas si pasien meninggal, udah abis-abisan deh tubunya  =(   seram..

Dalam penyembuhan kanker, benar-benar berpacu dengan waktu! Makanya, pengobatanny juga harus tepat dan cepat. Oia, di radiotherapy ini ada 2 mode : Elektron (untuk jaringan yang tidak dalam, seperti kulit dan payudara) dan X-ray (untuk kanker yang bagian dalam karena daya tembusnya kuat, seperti kanker usus atau kanker payudara yang sudah di masektomi, alias sudah diangkat payudaranya, karena sudutnya sudah berbeda).

LINAC!!

Sampai disana, aku masuk ke ruangan Linac (ini alat intinya, prinsip kerja pemercepat elektron,, pake RF juga) yang asik.. soalnya wallpaper dindingnya, gambar pantai dengan kursi-kursi pantai, huff…. serasa liburan.. dan langit-langitnya dipasang gambar air terjun! Hwaa… tenangnya! ..dan musiknya oldies! nyeh..

Akhirnya aku nunggu di ruang operator yang kursinya PW. Sambil baca-baca buku disana ‘Oncology Radiotherapy’, buat terapi kanker dan menonton lewat TV yang menampilkan terapi pada ruang Linac (di dalam dipasang kameranya). Yang buat aku seram… dari 15-an pasien, kebanyakan itu wanita dengan KANKER PAYUDARA!! huhuhuhu…….. aku benar-benar prihatin! Karena bukan hanya orang yang 50 ke atas, yang umur 30-an masih muda juga ada.

Karena aku cewek, yah aku gpapa dunx lihat.. Alat ini juga mengharuskan kontak langsung ke tubuh pasien, karena harus sesuai dengan titik isocentre dengan CT Scan (itung-itungannya ribet).Terapi dilakukan selama 30 hari dan selama itu si pasien GAK boleh mandi!! Hwaa… yah gt deh, dulu pas zaman eyangku tahun 1980-an, terapi kanker masih pakai Cobalt jadi radiasinya gak aman banget. Sekarang udah jauh lebih maju… tapi mungkin efeknya sama yah, kulit jadi hangus, agak kebakar karena diberi terapi itu.

Kunjungan kali ini  kembali menyadarkan aku, tentang arti pentingnya deteksi dini kanker. Harus lebih menjaga.. mengingat banyaknya kasus kanker payudara (selain kanker rahim juga sebagai penyebab kematian wanita).  Oia, radioterapist disana udah gak makan daging-dagingan, lemak-lemak gitu loh.. lebih milih bawa makanan sehat dari rumah dibanding jajan. Waahh… hebat!! Pengen juga.. tapi susah =P

Mari semangat!!  =D