My pre-birthday trip to City Centre (Finland trip – part 5)

27 November 2008

We had HR sessions in Carraporti 3, different office.. Actually, that was the head office of NSN global, while di Saterinporti yang tempat biasanya itu buat R’nD-nya. Kesana naik taxi, dijemput dan dibayarin, hwah.. senangnya! Selama perjalanan ke Carraporti yang agak jauh, pemandangannya…Subhanallah! Waaaahhh… keren! So natural, very wonderful and peaceful… secara ya kebanyakan itu kiita ngelewatin samping-sampingnya hutan pohon cemara yang berselimutkan salju. Humm… adem bener dah!

Akhirnya sampai juga di kantor Carraporti, yang ternyata berseberangan dengan kantor NOKIA dan gedungnya sangat besar. Kita sempetin fotoo di sign-nya, hehehe, walaupun kedinginan, but it was beautiful. Raija menemani kita ke dalam untuk minum the dengan para ibu-ibu HR.

NSN Office

NSN Office

Ibu-ibu HR nya ada 4 orang dan biasalah cewe, ketemu cewe langsung deh ngobrol rame. Ditanya-tanya ini itu, cerita ini itu, kita bilang kemarin abis nyasar ke Helsinki. Eeh, malah dikasi infromasi berharga. Ternyata kalau naik kereta bias lebih cepat, Cuma 15 menit (gak 1jam kayak kemarin!) dan ada tourist ticket seharga 12 EUR yang dengan itu bisa gak usah bayar lagi naik kereta, bus atau trem dalam 1 hari. Waw.. we must try that!! Langsung berbinar-binar..😀

Materi pertama tentang leadership and team management. Quite interesting yah, bagaimana menggabungkan pola kepemimpinan dari dua perusahaan yang berbeda dan bagaimana strategi yang tepat agar cocok dengan ideology masing-masing. Lalu dilanjutkan dengan NSN academy, jadi ada program buat training karyawan maupun konsumen. Kurang lebih sama kayak training classes dengan test-bed yang ada di Jakarta deh. Setelah itu ada tentang seperti kerja sama NSN dengan universitas disana.

Jam 12 kita lunch di kantin Carraporti. Hwah, aku ngambil dada ayam ternyata semuanya gak ada yang kecil!! Parah, dada ayam sana lebih gede dari ukuran ayam utuh di Indonesia. Jadi penasaran segede apaan sih ayam Finland (belakangan, pas di airport aku buka-buka buku Finland dan nemu gambar ayam disana dunx! Waaahhh… serem, badannya gede dan kekar, huhuhu…pantesan aja dada ayam yang ku makan kemarin super guedhe -> gak penting).

Siangnya dijemput Keith lagi ke Saterrinporti, disana ada materi yang harusnya ada hari Senin, hix2, jadi dipindah hari ini deh. Padahal harusnya di jadwal aslinya, kita setelah HR session tuh BEBAS loh, bias jalan-jalan… tapi…?? Huhuhuhu… Yasu lah.

Anyway, ternyata materinya asik kok… tentang product management dan tentang betapa pentingnya customer/operator bagi mereka dan langkah-langkah strategis yang dilakukan. Wa, hebat.. :-p . kita juga sempat sholat dulu sebelum materi dilanjutkan (oia, setiap hari kita dikasi satu ruang kosong buat sholat loh di kantornya.. baik ya dan di tiap kamar WC-nya juga ada wastafel jadi bisa wudhu di dalem deh). Pulangnya dianterin sama ibu-ibu yang ngasi materi tentang costumer, dengan mobil yang antik tapi nyaman.

Pulangnya … wink..wink.. aku dan Bilqis langsung merencanakan hal yang sudah kita tunggu-tunggu.. Berpetualang lagi!! Kini kita sudah tau carany, yaitu pakai tourist ticket naik kereta lalu lanjut keliling Helsinki dengan trem. Anehnya, setelah kita beli tiket, pas masuk sampai kita pulang lagi kok gak ada orang yang bertugas meriksa tiket yah? Gak harus men-tap atau cek karcis juga (Hmm. Apa ada barcode-nya yah?).

Train to Helsinki

Train to Helsinki

Tiba juga kita di Helsinki city centre, di stasiun keretanya… tapi dari sini kemana yah mau nyari trem? Setelah mondar-mandir dan nanya-nanya orang, ketemu juga deh sama trem nomor 3B. Berhenti di STOCKMAN, yang katanya pusat shopping terbesar dan terpopuler disini, kita belanja-belanja dulu buat oleh-oleh (akhirnya…). Payah deh, disini kagak ada gedung tinggi, paling tinggi juga 7 lantai. Hhhh… cyape de.

Stockman

Stockman

Sehabis belanja, ternyata sudah jam setengah 8 malam (malem banget kalau disana kayaknya, karena toko-toko sebagian udah pada tutup). Kita naik trem lagi untuk keliling Helsinki. Kita melihat laut Baltik yanggak kebayang deh gimana dinginnya, brrr… katanya orang sini suka naik kapal nyeberang ke Swedia atau sekedar cruising saja. NyoNyo jadi pengen mancing ikan disana T,T

Sebenarnya tujuan kita selain sight-seeing adalah, berfoto di: Obsesi 1 opera house dan Obsesi 2 Parliament building. Hihihi… aku menikmati sekali perjalanan kali ini, pada malam ulang tahun. Yup.. besok saya ultah di negeri St.Claus. Beberapa SMS masuk mengucapkan happy birthday, hehe, makasi yah teman-teman.

OPERAAN… ting tong. Gyaahh… trem sebentar lagi berenti di gedung opera. Kita mencoba membuka pintu trem, tapi gak bisa! Hwaah… oia, kan harus pencet bel dulu baru nanti kebuka. Tapi… bel-nya dimana yah? Nyo mencari-cari sampai mau jatuh saat trem ngerem… tapi ndak ketemu dimana. Trem melewati gedung opera dan tidak berhenti! Kyaa… akhirnya ketemu bel-nya, langsung pencet. But, it was too far.. yeah, the trem stopped at the next next road. Huhuhu… terpaksa, di malam hari yang semakin dingin ini (-6 celcius I think) we had to walk down the road to reach the Operaan!

Beberapa kali terepeleset es salju yang menutupi jalan dan otomatis ber’kyaa..kyaa..’. At last! We arrived at our 1st obsession..the Operaan! Tapi nyampe sana malah cengo. Huh, jelek, ndak ada bagus-bagusnya deh.. kayaknya kerenan kantor NSN yah? Huix, udah capek-capek… T.T . Pas lihat dalamnya juga seperti tempat pameran biasa. Fufufufu… however, we still took a photo :-p

Operan

Obsesi 1 : Operan

Obsesi 1 sudah terpenuhi walaupun kecewa, huhu… Sekarang naik trem lagi untuk menuju ke obsesi 2, yaitu Parliament building. Lumayan jauh sih dari situ, sampai – sampai hampir kelewatan lagi. Tapi ternyata gedung parlemen tidak dilewati trem nomor ini, so.. we had to walk again!! Haahhh…. >,< . Ternyata banyak bangunan disana yang Russian-influenced, karena dulunya pernah dijajah Russia. Contohnya, seperti patung prajurit berkuda yang nge-rusia banget.

Kali ini jalanan menuju Parliament Building hampir tidak bisa kutolerir! Beuh.. superrr freezing! Tapi karena mood lagi bagus dan kita bersemangat, jadinya walaupun kaki udah mati rasa karena salju-salju menembus dan kepala udah pusing – pusing kedinginan, kita tetap hajar bleh! ^^ . Sampai disana….. Krik..krik.. well, it was not that magnificent anyway. Malah, it seemed like a mysterious building! We were afraid kalau tiba-tiba ada penampakan hantu Finland (kayak apa coba? Yang pasti bukan pocong atau sinderbolong). Mana gelap dan sepi lagi, dengan diselimuti salju tebal.. dingin boo, serem.. Krik.. Krik.. (eh, gak ada jangkrik deh). And.. we took a photo of our 2nd obsession! ;-D

Parliament Building

Obsesi 2 : Parliament Building

Pulang.. pulang… semoga kita gak nyasar ke stasiunnya. Udah agak ndak kuat lagi jalan euy, kaku.. sampai-sampai pas lagi menuju stasiun, barang belanjaanku jatuh! Dan.. sedihnya, satu gelas Finland yang aku beli pecah.. hix2.. I realized that I need a man! (untuk bawain barang belanjaan)

What a wonderful pre-birthday trip to Helsinki…😀

*(sleep-tight)