Vienna Symphony

17 Januari 2009

image020

Nyanyian Negeri n Singgih Sanjaya

Hohoho… malam ini aku nonton Vienna Symphony Orchestra, akhirnya! ^^ . Lokasinya di Balai Kartini, sampe disana cengok nyari – nyari gak ada teman, berhubung nomor semua orang di HP ku ilang semua gara – gara HP rusak, jadinya gak bisa contact deh. Lumayan juga lah dapat duduk di baris ke – 5 dari depan, hehehe… Tapi yah itu, sendirian.. That’s okay, I’m getting used to it.

Lagu pertama, heuu… langsung merinding. Entah kenapa, mungkin beda ya, baru pertama kali nonton full orchestra yang maen bule… gesekan biolanya dan bunyinya itu haluuss banget, wew.. Serasa kebawa ke Austria lah. Apalagi ditambah dengan soprano yang – sebelumnya aku kira dia bakal nyanyi lagu model Sarah Brightman klasik opera gitu – ternyata malah ber’yo-de-li’. ‘Yo-de-li’ khas Austria, mengingatkan ku pada Maria di The Sound of Music. Selain itu, soprano-nya juga nyanyi sambil memainkan accordion, sangat gembira deh.

Yang memikatku lagi adalah penampilan harpist pria muda Indonesia pertama, yaitu Rama Widi. I just can say, ‘awesome!’. Pertamanya aku sangsi, soalnya kan biasanya yang main harpa tuh perempuan. Ternyata pas main, fuiihh.. ini bedanya dengan harpist cewe, rasanya not – not yang dipetik itu bertenaga, jelas dan bersih. Biasanya dari yang aku dengar, permainan harpa di orchestra biasanya kurang ber’tenaga’ dan terang. Salut deh.. Apalagi di penampilannya setelah jeda, yang membawakan lagu ‘NYANYIAN NEGERI’ ku aransemen Singgih Sanjaya.

Lagunya aja benar – benar gubahan yang masterpiece, medley lagu – lagu daerah dari Aceh sampai Irian. Ditambah para pemain orchestra bule – bule yang menggunakan assesoris Bali (bahkan bernyanyi kecak pada tengah lagu), Rama Widi memakai kostum Bali, kehadiran alat music tradisional dan penari – penari yang lentur. Aih.. lagu ini menurutku harusnya diletakkan di AKHIR acara, karena paling bagus!! Klimaksnya disini… J . Oia, setelah itu ada penyerahan bunga untuk Singgih Sanjaya yang ternyata duduk di bangku penonton. Wa, ternyata masih lumayan muda juga ya seniman yang satu ini, hehe.. Jadi inget, dulu ITB Orchestra pernah bawain aransemen Pak Singgih, join dengan PSM pada lagu TANAH AIR, hmmm…

Setelah itu, Vienna Symphony membawakan lagu – lagu tradisional eh klasik Eropa yang bersemangat semua! Hah, aku jadi gak ngantuk, hehe.. Bahkan encore-nya ampe 3x dunx, untung mas kondektur nya baek :p . Masih muda tapi pas baca bio-nya, beuh, pengalamannya bejibun! Benar – benar emang bisa mencerminkan deh bahwa orchestra ini dari negara lahirnya Mozart J . Jadi ingin ber-orkestra lagi ni, kalo ada peluang ato tawaran..I wish so..🙂

Encore

Encore