Predeparture Briefing

Minggu lalu penuh dengan pre-departure briefing, yaitu mulai dari pre-departure briefing British Council, Campus France dan Erasmus Mundus sendiri. Fiuh… Yang paling berkesan ya jelas yang pre-departure Erasmus Mundus di Le Meridien tanggal 29 Juli 2009. Asiknya bisa ketemu pasa awardess 2009 yang lain dan isi acaranya juga bagus, selain itu juga diserahkan sertifikat dari perwakilan uni-eropa yang disini. Walaupun sebenernya Nyo salah kostum, uhuk..uhuk.. memang sih udah bener batik, tapi ternyata formal toh? Nyo pakai jeans biru gituh, padahal yang laen gak ada yang pake jeans biru casual, wadoh..  -__-;

Taken from Jakarta Post

Taken from Jakarta Post

Ada juga beberapa gambar yang diambil dari liputan beberapa media seperti di atas ini, lumayan lah Nyo keliatan  :p  . Beberapa gambar, malah Nyo gak keliatan (halah, gak penting). Tahun ini jumlah EM awardees untuk totalnya (students + scholars) ada 62 orang (see: http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/07/29/16362548/september.62.peraih.beasiswa.erasmus.mundus.ke.eropa..) . Jumlah ini menurun dibandingkan tahun lalu yang 68 orang. Waah, semoga tahun depan Indonesia bisa mengirimkan lebih banyak lagi yah.. 🙂

Briefing di Campus France juga lebih spesifik mengenai France, apalagi mengenai cultural schock yang sangat berguna bagi ku (yang kadang kalo shock suka jadi mikir dan malah antipati). Di briefing EM juga dijelaskan banyak hal yang menarik maupun tidak menyenangkan mengenai itu. Uhuhuhu…. kok semakin dengerin pre-departure briefing, Nyo malah jadi takut yah?   T,T  . Jadi bertanya-tanya sendiri, “jadi mereka tuh gini to? jadi disana ternyata gitu? suka ini? itu?…”.

All EM awardess 2009

All EM awardess 2009

Nyo jadi males mikirin… rasanya pengen menutup si otak untuk berhenti memikirkan yang membuat khawatir, dan lebih mengaktifkan si hati. Soalnya… kalo kita kebanyakan mikir, biasanya malah jadi mundur. Lebih enak kalo, yasudahlah..kumaha engke wae.. :D  . Yang penting kita tau apa yang musti dipersiapkan untuk mengatasi hal-hal yang mungkin terjadi.

Sometimes.. kalo liat beberapa teman se-umuran yang sudah memulai ‘hidup baru’ utk menyempurnakan 1/2 din, rasanya pasti juga ingin. Tapi sepertinya, di dalam hatiku berkata bahwa belum waktunya, tuntaskanlah dulu urusan yang sekarang dan mantapkanlah dulu 🙂 . Semua memang ada saatnya, terkadang kita mintanya buru-buru, padahal yang perlu kita lakukan hanya berSABAR…