Stirling Castle + Trossach

18 Des 2009

Alhamdulillah ujian akhir telah berlalu dan belum juga 1 hari, udah jalan2 aja ikut tur ke Stirling dan highland bersama 2 orang teman2 ku yang datang dari luar Edinbra, hohoho… Kemarin sebelum ujian terakhir, turun salju pertama kali tahun ini di Edinbra dan sangat menyengakan, semua temen2 pada berenti belajar lalu keluar buat foto2, hehehe… bahakn ada beberapa yang buat Snowman. Berlanjut setelah ujian berakhir, kita malah maen perang bola salju (aku sih bagian kena doank, soalnya gak berani ngelempar karena tangannya beku bisa2, males aja.. :p).

Perjalan pertama tadi ke Castle Stirling, tempat syuting BRAVEHEART… pasti tau kan, cerita tentang William Wallace dan Robert the Bruce yang terkenal dalam sejarah Scotland. Humm… tapi ternyata di film-nya itu ada beberapa cerita yang tidak sesuai dengan fakta aslinya.

Di Castle Stirling lagi ada renovasi untuk me’replikasi’ kembali tapestry dan relief – relief di gedung-nya yang memakan biaya 20 million pounds. Hoo… Haah, tapi kagak kuat lah udaranya disana, superrbbbbrrr…. Sampe di kastil, beuuhh..ampuuunnn… dinginnn…!!! Rasanya udah mau loncat2 ajeh…

Ngebayangin dulu kayak gimana ya para Highlander perang disana. Dua kastil inti di Scotland adalah Edinburgh Castle dan Stirling Castle!  Letak Stirling Castle yang berada diantara Lowland dan Highland sangat strategis bagi pemerintahan Scotland, karena bisa mengontrol kedua wilayah tersebut. Tapi emang ya, kayaknya Scotland itu benci banget sama British, eheuu… tapi mereka itu gak pengecut, benar-benar BraveHeart deh orang-orangnya.

sebelum masuk gerbang Stirling Castle

Di Stirling, ada cerita mengenai kehebatan Robert de Bruce dan William Walace, dua heroes dari Scotland. Tentunya udah pernah dengar kisah mengenai William Walace, pejuang dari battle ke battle di tahun 1200-an, yang dengan berani melawan Inggris sehingga dibunuh lalu potongan tubuhnya disebar ke penjuru arah Great Britain, salah satu-nya: kepalanya disimpan di atas Tower Bridge, Inggris. Itu menunjukkan kejamnya hukuman bagia siapa yang coba-coba melawan pemerintahan Inggris, huh.. >,< . Tak jauh dari Stirling, ada monument William.. tak lupa di depannya ada patung kedua pahlawan tersebut.

Setidaknya, di dalam kastil Stirling tidak terlalu banyak cerita yang menyajikan kisah tentang Mary Queen of Scots seperti di kastil Edinburgh. Yup, yang ini katanya mau dibuat cerita lagi oleh Hollywood (setelah kisah William Walace di BraveHeart). Memang si Mary Queen of Scots itu legendaries, saat masih bayi sudah diangkat menjadi ratu, ck ck ck… Lalu dikala dewasa, dia memiliki 3 orang suami (tidak dalam 1 waktu tapi) dan penuh skandal, wew.. pernah juga diasingkan ke suatu kastil di tengah danau, tetapi kemudian melarikan diri. Wah, kalau ada film-nya seru juga..😀

Patung Robert de Bruce

Lalu, melaju menuju daerah Highland. Disana kita berhenti bentar untuk melihat pemandangan khas Highland, yang pepohonannya kok berwarna ungu yah? Anehnya di Highland kok kagak salju ya? Padahal kita kan semakin ke atas. Sepanjang perjalanan juga ngeliat domba khas sini, yang putih tapi mukanya item  :p . Terus kuda – kuda banyak, pada pake baju, lucu… kedinginan kali ya? Tapi bajunya kayak dari katun gitu, bukan jaket.. tapi aneh juga kali ya, kalo kudanya pake jaket dari bulu domba (loh??). Juga, tak ketinggalan BULL khas Highland.. haaa,, akhirnya ngeliat walo hanya sekelebat. But, gak sempet ke viaduct nya Hogwarts Express Harry Potter euy, karena males aja hari gini dingin-dingin ke sana.. padahal pengeeennn  L . Mungkin pemandangannya ampir sama kayaknya ya?

Pemandangan Highland

Lalu, heading to Loch Lomond dan Trossach, daerah Highland. Sebenarnya, emang sih ampir sama juga kayak desa Highland lain seperti Killin (yang dulu pernah juga dikunjungi). Disana lunch makan Fish and Chip. Yummy… seger banget ikan Haddock-nya! Potatoes nya juga fresh, enak deh.. J. Tapi Loch Lomond bagus juga ya, pas diliat dari atas. Sebenarnya sih, agak mirip kayak di Situ Patenggang ato Pengalengan. Cuman dinginnya aja yang beda, hehehe…. Untuk mendapatkan view danau nya dari atas bukit, harus memutari dan menanjak tapak demi tapak bukit, hosh.. cyape deh.

Loch Lomond

Di Highland, ada lagi danau dan daerah yang lebih ‘dasyat’ tapi berhubung waktu yang sempit dan tidak cocok saat winter begini, kita gak kesana deh. Daerah itu di Iverness, ada Isle of Skye dan Loch Ness!! Biasanya tur kesana butuh paket yang 3 hari-an dan cocoknya pas summer tentunya..🙂