Museum Dali dan Cadaques

Cultural trip hari ini adalah trip terakhir bersama rombongan Vibot. Hmm.. ya Allah gak kerasa ya, tiba2 aja udah terakhir aja nih trip-nya, perasaan baru mulai deh. Tapi kali ini, banyak yang gk ikut. Apa lagi kalau bukan karena tugas2 yg menumpuk.. ah, aku mah masa bodo ah, disini mau liat yang lain2 juga, bukan ngerjain tugas tok, lagi pula cuma beberapa jam ini.. :p

Tujuan pertama: Museum DALI di Figueres…!!

Figueres terletak sekitar 1 jam dari Girona, dekat dengan Prancis. Museum Dali berdiri di kota kecil ini karena emang disinilah ia dibesarkan. Oia, kota ini punya sendok raksasa, 45 m!! Ini dibuat Dali pada masa itu untuk hadiah ke Paris, tapi kemudian dibalikin lagi untuk statue kota tsb. Tiba di museum Dali, tercengang dengan bentuk nya yang sangat unik. Pertama terlintas adalah? Kenapa banyak telur di atas situ? Hmm.. ternyata telur itu melambangkan fertilitas, karena museum ini melahirkan ide2 segar dan unik. Kenapa pula dinding merahnya ada tempelan bulet2 begitu? Itu ternyata dari roti khas daerah sana lho…hahah, kreatip! Jadi, katanya sih itu menandakan orang2 yg masuk ke museum itu merasa excited dan nervous shg dari kulit mereka muncul bintil2 gitu. Oow.. oke2, ada2 aja..🙂

Dali Museum

Di depan pintu masuk-nya, lebih aneh lagi.. ada patung dengan wujud gak jelas, dengan telur2 dan baguet2.. aih, BaGuet!! Yeah.. yang satu ini emang lekat dengan Dali, ntar deh kita liat kenapa. Sebelum masuk, di tempat penitipan tas kaget, lho? Kok ada teman nya tandem-ku, si Annissa? ya, aku dikenalkan Annissa di kampus krn dia dari Maroko dan muslimah jg. Ternyata dia bekerja part time kalo weekend di museum Dali ini, wew, keren… Masuk2 langsung bingung. Lho? apa ini? kok kayak taman, tapi aneh.. dulunya tempat penyambutan ini adalah gedung opera, jadi bentuk-nya melingkar.

Welcome to Dali Museum

Yang lebih bikin mikir, pasti adalah objek ditengah ruang penyambutan ini. Ada mobil limo yang di atas nya ada patung Esther gendut menyambut dengan hospitality dan dibelakang mobil adalah tiang kapal. Lho? bingung ta? Di sekeliling taman ini ada banyak patung2 Oscar khas Academy Awards, tapi bentuk cewek, emas dan kayak sedang nari2 (ato senam?) . Ada juga ukiran bentuk guardian dari batu.. juga di paling atas, ada banyak objek2 putih2 mengelilingi.. apa itu? Oow.. ternyata apa? ternyata itu adalah lavatory ato wastafel buat cuci tangan! Hahah… aneh ya. Ada maknanya, katanya ini itu diartikan sebelum si arwah-nya terbang ke langit, cuci tangan dulu biar bersih.. -__-!

Labirin... main room

Ke dalam ruang utama-nya lebih kaget lagi.. tiba2 disambut dengan gambar raksasa berjudul Labirin, yang gambarnya kayak orang dengan lubang di dada. Ini memiliki artinya kalo orang yang datang kesini dipersilahkan untuk memasuki ke pikiran Dali yang menstimulus dan kreatif. Ada retakan di kepala berarti, setelah memasuki labirin Dali ini, akan ‘lahir’ pribadi/ide yang baru. Seperti yang kita tau, Dali adalah pelukis beraliran Surrealis… Surealism, kadang melukis mengenai kematian, seks, darah, atau apa saja yang bisa men-stimulasi yang melihat-nya.

Tepat di tengah2 museum ini adalah makam Dali (ada tandanya kok). Beberapa tahun hidupnya, di museum inilah ia menghabiskan hidupnya dan merancang letak2nya dimana ia akan dimakamkan kelak. Ternyata dari kecil, Dali itu fobia dengan kematian sehingga beberapa lukisan-nya menggambarkan mengenai hal ini. Oia, ada yg unik juga dari makam Dali yang terletak di basement diantara ruang pameran harta2 jewelry-nya dan toilet. Hahah, jadi ia sudah merancang bahwa disebelah makam nya itu toilet cewek.. aneh ya…  :p

Kupala

Kupala atau kubah transparan di museum Dali sangat unik jika malam hari karena ia merefleksikan cahaya yang terpantul dari taman melingkar di ruang penyambutan. Bagus deh.. dan kupala ini tepat di atas makam Dali (tengah museum), jadi berfungsi sebagai Maoseleum.

Pertama, kita ‘membahas’ mengenai lukisan yang kalau dilihat dari dekat itu adalah lukisan Gala (istrinya Dali) sedang memandang ke laut.  Terus guide menyuruh kita untuk lihat dari jauh/dari kamera/lepas kaca mata. eh, teryata itu jadi gambar Abraham Lincoln!! Waah… kok bisa ya dia bikin kayak gitu. Jadi ia melukis nya berdasarkan distribusi pixel (halah, jadi inget kuliah..) yang menyusun wajah Lincoln. Keren..

Lincoln

Lukisan besar lagi adalah lukisan surrealism yang kalo dilihat pertama kali adalah: patung Venus de Milo yang berulang2 dengan berbagai ukuran, pantai dengan karang Costa Brava yang khas dan atom2 berawarna-warni. Tapi ternyataaaa…. itu adalah gambar yang melukisakan mengenai mimpi Dali. Di pojok kanan bawah ada anak laki2 kecil, yaitu dali yang melihat di pojok kiri atas adalah wajah istrinya. Jadi emang si Dali dalam rumah tangga katanya lebih pemalu dan istri-nya lebih mendominasi (istrinya yg ngatur segala keuangan dan manajer-nya Dali, hihi..).Lalu yang menarik adalah, objek utama disitu adalah matador! (liat dengan jaket merah dan dasi hijau).. matador tsb adalah matador terkenal di Spain saat itu yang wafat saat bull-fighting. Kita juga bisa melihat gambar banteng-nya lagi minum air di sisi kanan. Yep, jadi Dali melukiskan mengenai orang yang wafat tragis.. ia sangat khawatir mengenai itu dan takut dan gak ingin mengalami-nya.. ada juga kalo kita bisa temukan another hidden object, adalah anjing dalmatian. Itu melambangkan temannya yang juga wafat tragis. Hiks2… :(    .. benar2 jenius, bisa melukis seperti itu, banyak hidden objects dengan banyak makna…!!

Hidden matador

Di ruang Treasure kita bisa melihat eksposisi2 dari lukisan Dali. Ada juga lukisan ‘monalisa’ nya Dali yang ternyata adalah?? Lukisan sepotong baguette…😮 . Heeuu.. sangat ‘tidak spektakuler’ dibandingkan dengan karya2 surealis nya yang lain. Yang ini gak surealis banget karena so simple dan polos. Tapi ini adalah lukisan yang Dali gak pernah jual dan hanya dibuat untuk istrinya. Walaupuan ampe pas istri nya wafat pun gak dikasi2 nih lukisan.. Setelah istrinya tiada, ia baru deh memberikan lukisan ini secara simbolik.. gimana caranya? jadi di ruangan ini ada lukisan istrinya, yang dipajang  di sisi 45 derajat kanan dari lukisan baguette.. dua lukisan inilah yang gak boleh diubah2 letaknya. Ngerti? Jadi, sepanjang masa, ‘istri’nya bisa terus memandang lukisan baguette tsb… ^^ ..hehe, kreatip…

Golden Baguette

Di ruang lain, adalah ‘Sistine Chapel’-nya khas Dali..banyak gambar2 jam dinding yang meleleh, hmm.. kenapa ya? ini menandakan bahwa waktu itu fleksibel, hoho.. Yang unik dari Sistine Chapel khas Dali adalah ia melukisnya di studio dan memasang nya di langit2 ruang ini. Apa arti dari lukisan ‘religius’ ini?? Di tengah2 adalah gambar Dali dan istrinya naik ke atas, ke surga ceritanya..hehehe…sedangkan di tubuh Dali ada  laci yang terbuka. Kenapa laci? Laci melambangkan memori, harta, dan pengalaman2 selama hidup yang saat arwah melayang ke atas, semua-nya jatuh dan hilang. Dali memang takut sekali dengan mati, dan saat akhir2 hayatnya ia jadi makin religius. Di sisi kanan ada gambar orang2 bersuka cita karena ada hujan uang yang dilambangkan dengan logam2 emas. Apa artinya? hoo.. ini artinya, penduduk Figueres menjadi terbantu dlm ekonomi krn ada museum ini sbg objek wisata. Sisi sebelahnya juga ada gambar padang pasir dan orang2 dari jauh pada berdatangan ke museum Dali dengan suka cita. Lalu, ceritanya Tuhan melihat kebaikan Dali dan memasukannya ke surga. Sehingga di sisi kiri ada gambar Dali dan istrinya sedang menunggu saat2 pemanggilan di akhirat (iya gitu?) ke surga.. eheheheh…  :D  .. ini seperti menghibur diri sendiri kali ya terhadap misteri kematian dan kehidupan setelah kematian yang ia takuti..

Dali's Sistine Chapel

Ada satu ruangan unik lagi yaitu susunan furniture2 yang membentuk wajah teman baik-nya, yaitu Marlyn Monroe bohongan, ehehe… bukan2, temannya ini adalah penulis yang juga nyentrik. Bukunya disukai Dali, berjudul “Good Girl Goes to Heaven, Bad Girls go Everywhere”.. -__-!  .mereka jadi kenalan dan berteman baik setelah itu.. ahahha,, sama2 nyetrik kali ye… :p . Untuk melihat susunan ini harus ngantri agar bisa mengobservasi dari atas (untuk melihat susunan piksel yang kalo deket terlihat seperti gambar Eiffel dan kota2 tapi kalo jauh adalahnya mata-nya si wajah). Lebih aneh lagi, di langit2nya tiba2 ada BAK MANDI kebalik… ahahaha.. GAK NGERTI deh! Tapi aku sih ketawa2 aja, lucuu… :)) . suka deh..!!  Oia, di ruang lain juga ada robot yang dibuat Dali dari apa coba?? Dari susunan PCB-PCB.. wawawawawaw… keren abis!! ^^

Face from furniture

Ahhh… senang sekali deh kunjungan ke Dali Museum kali ini!! Ter-inspirasi..😀 .. unik..unik..unik….!!!! Baru kali ini aku seneng ngeliat lukisan!! Soalnya SERU!! Banyak hidden objects…!! Tapi waktu nya terlalu singkat sih.. padahal kan asik maen tebak2 makna gambar.. hehe dan museum Dali itu sangat..snagat… ramai!! Beuh.. 1 tahun tuh bisa > 1juta orang yang datanng kesini.. ck ck ck…

Tujuan ke-dua: Cadaques…

Cadaques

Cadaques

Cadaques adalah tipikal fishing village di Costa Brava yang di konservasi. Cadaques ini adalah tempat para artis, seperti Dali, Picasso dan Mandrak saat mereka melukis lukisan2 spektakuler-nya… Banyak lukisan2 mereka menggambarkan landscape Cadaques ini. Pokoknya di Cadaques itu rumah2nya sangat Mediteranian dengan tembok putih dan genteng oranye (lho, ini mah di Indonesia?) . Indah sekali pemandangan-nya… :)  . Kalo di Cadaques gak bisa cerita banyak deh, karena lebih asik kalau dinikmati aja kesana..🙂

Cadaques with Mediteranian Houses

Oia, jalanan ke Cadaques ini naik turun gunung.. jadi kayaknya kalo mau kesini harus pakai mobil sendiri atau dengan tur, karena gak ada bus beroperasi ke sini. Jalanan nya itu kecil dan curam terjal menuju gunung dan dibaliknya pantai, weee.. Subhanallah indah..🙂 . Pantainya juga gak berpasir, melainkan berbatu2 dan kerikil tajam2…hohho.. tapi baguslah jadi gak kemasukan pasir sepatunya :p . Oke deh.. sekian trip terakhir kita… Alhamdulillah… senang.. senang.. 🙂

Typical view in Cadaques - like in Dali's paintings.. :p