Summer Starts from… Costa Brava!! :)

13 June 2010

Alhamdulillah semester Spain ini udah selesai walaupun masih belum ada hasilnya dan deg2an lulus apa gak, huhuhu… do’a-in semoga semuanya lancar2  T__T. So, hari ini geng Vibot sekelas (gak semua sih cuman 10 orang-an) pergi ke salah satu pantai di Costa Brava, yaitu Palamos.

Ber-10 kita sekalian merayakan ultah salah satu teman cewe dari Amerika Latin yg ke-25. Segala makanan uda dijejelin dibawa ke bus. Dari Girona butuh sekitar 1.5 jam naik bus Sarfa ke Palamos. Kenapa Palamos? Well, sebenarnya ada lagi pantai2 yang lebih bagus kayak Platja d’Aro (yang ini lebih banyak turis dan lebih modern kebanyakan toko) atau St.Feliu (bagus ada tebing karang tapi coast nya gak terlalu luas dan pasirnya kasar). Tapi ada beberapa kepentingan pribadi, karena saya ingin bertemu tandem saya di Palamos dan obsesi ingin makan Paella disana (Palamos penghasil udang + seafood terbaik di Costa Brava,yummy…).

Sampai disana, aku bertemu tandem-ku dan langsung diajak keliling-keliling kota yang tenyata hampir sama dengan tipikal kota – kota Costa Brava lainnya, agak tua dan gersang ala pantai. Hari itu ada festival penyambutan musim panas. Lucu deh, mereka pawai pake Giant (disebutnya begitu, padahal kalau aku bilang sih sama aja kayak ONDEL-ONDEL mah) dengan berbagai macam karakter cerita daerah sini, seperti putri, raja, ratu dan kurcacu. Mereka keliling kota ngusung karakter sambil membunyikan alat musik tradisionalnya yang mirip dengan oboe kecil tapi bunyinya lebih ‘pecah’.

Kita mampir juga ke Fishing Museum, bukan untuk masuk dan mengamati (males dah) tapi tanya apa ada ekskursi dengan kapal menyusuri sepanjang pantai Costa Brava. Huhu… ternyata gak ada, baru mulai minggu depan karena ditawarkan hanya saat summer  T__T. Yasu deh, akhirnya duduk – duduk aja di pinggir pantai dan makan crepes choco-nut-cheesse yang aku buat  :p

Sebelum tandem ku say goodbye, dia ngasi aku suvenir yang pas aku buka, waaaw…. bagus banget! Dikasi piring keramik dengan gambar kepik dan ada namaku disana, plus nama nya di belakang nya. Lucuuuu……….!! ^^ . Selain itu juga dikasi suvenir pajangan guci keramik kecil khas dari kotanya, La Bisbal, yang merupakan kota sumber penghasil kerajinan keramik utama di Costa Brava. She’s so nice.. pintar pula, karena selain representative buat fakultas nya, dia juga aktif kerja melulu (di bank + weekend jualan pancake) plus bulan ini mau ke Coventry, England buat ambil Erasmus nya (tapi kalo Erasmus buat sesama warga Eropa, cuman 1 semester akhir). Lalu, setelah itu perpisahan deh, hiks2…

Me and tandem

Selesai dengan tandem, aku mencari teman – teman gang Vibot di pantai. Hosh.. nyari dari ujung kok belum ketemu – ketemu ya. Tapi lumayan gak capek karena pemandangan lautnya indah, apalagi pas diliat, airnya itu jernih bisa keliatan ikan – ikan dan udang – udang di dasarnya (kalo di Ancol atau Anyer kayaknya gak keliatan, hehe..). Namun, tiba – tiba shocked pas liat kok itu ibu – ibu (maaf) susu-nya kemana – mana main di laut. Heuu.. kalo di Tebet ada kayak gitu udah disangka kenapa-kenapa, ehe…

Semakin jalan di pinggir pantai semakin shock karena ampir semua perempuan (nyaris semua, cuman 1-2 yang normal) yang tua yang muda kok pada top-less berjemur di pantai dan berenang di laut. Astagfirullah… aku jadi kaget dan heran juga ngeliatnya. Mereka kayaknya tambah dan LEBIH heran ngeliat aku ya, kok ke pantai pakai baju ‘komplit’ begitu.. ehehehe.. :p . Yang aneh siapa ya? ^^ . Untung aku cewe ya jadi ya jalan di pantai kayak begitu ya biasa aja. Jadi sadar ya, pantes aja “malu itu sebagian dari iman”… J

Emang suaminya gak marah ya? Ternyata, suami-nya nemenin istrinya kalo dipantai jadi gak ada yang gangguin saat berjemur dengan dada lapang. Ehuu… aneh-aneh aja, jadi ajang pameran dong (kompetisi), hehe.. Lha terus yang anak – anak muda belum punya suami piye? Mungkin biar rata nya tanning-nya jadinya mending dibuka semua. Eheuuu… Lama – lama mikir juga, lho kok jadi kayak ke zaman purba, belum ada baju.. hoho… :[  . Tapi aku belum pernah ke Bali sih, katanya sama juga ya kondisi nya seperti itu kah?

Ah, akhirnya ketemu juga dengan gang Vibot. Mereka ternyata di ujung pantai, sedang bermain voli. Aku lanjutin foto – foto ah soalnya gak bisa mainnya. Terus, acara piknik dimulai… aku bikin croissant isi abon Bu Broto (ngabisin sisa abon yang dibawa dari Indo). Si Prancis bingung, kok croissant khas negara saya jadi tercampur dengan rasa asli Indonesia, pedes-pedes plus bawang goreng garing abon gimanaaaa…gitu. Yang temen Jerman juga kepedesan (padahal sama sekali gak pedes mah aku bilang, aneh ya..). Kok mereka gak tau ya abon itu apa? Kukira pada punya abon di negara masing-masing.. :p

Acara intinya dimulai: makan – makan. Eh, sebelumnya nyanyikan dan ucapkan HapPy birthday dulu ke yang ulang tahun. Beberapa orang (cowo2 padahal) buatin kue ulang tahun (dari wortel lho, hebat banget.. mereka juga ngehargain muslim yang ikut kali ya gak bisa makan sembarangan) dengan di tengahnya lambang ‘tau’ (sampai sekarang gak ngerti maksudnya apa) dan 25 cabang (ke 25 tahun soalnya). Enyak.. kita piknik dah!

Piknik di pantai

Disambung dengan acara main – main ke laut, brrr… airnya super dingin!! Lanjut lagi photo session di atas batu – batu (haiyaaahh… manjatnya ampun dah, ribet udah kayak maen Mario Bross lompat dari batu ke batu dengan dibawahnya laut, serruuu…). Beberapa cewe berlagak kayak top-model (yang ulang tahun cuman pake atasan bikini, hosh..) dan juga para cewe vibot membuat formasi VIBOT (aku kebagian ‘V’) diatas batu – batu, susyaaahhh…nyaaa…. -___-; . Cyape deh..

Aku cabuts duluan karena ingin menuntaskan obsesi ku yang belum kesampean di Spain. Apa itu? Makan PAELLA………..!!!!😀 . Penasaraaaann…. karena mumpung di Palamos yang notabene nya tempat yang punya the best Paella and seafood yah kapan lagi, langsung lha nyobain! Alhamdulillah… dapet juga di restoran khas Mediteranian yang langsung memandang ke pantai laut biru ditemani angin sepoi – sepoi gak kuku, menikmati menu del dia-nya.

Ini pertama kalinya aku makan di restoran di Spanyol!! (haha, maklum dari awal gak pernah makan di luar, selalu masak, ngirit.. save the best for last. :p). Kalau lunch ada 3 set course, pertama menu pembuka aku pilih Smoked Salmon. Yummyy…. di kucuri perasan lemon, minyak zaitun, potongan mandarin dan buah olive kecil – kecil yang masam. Suegeerr…. Main menu: PAELLA MARINARA!! Waaahhh…… ini dia yang ditunggu – tunggu! Paella dengan seafood lengkap, udang khas Palamos, potongan cumi guede2 dan kerang yang gede juga. Sluuurrrpppp………lezato! Dessertnya es krim coklat.. lengkaplah.. :D  . Senangnya, MISSION ACCOMPLISHED!! ^^)v

Paella Marinara!

Sebelum pulang, keliling sebentar dan main ke pantai lagi. Subhanallah deh, ternyata tiap waktu (pagi – tengah hari – agak sore) warna lautnya berubah. Paling bagus saat tepat matahari di tengah, karena warna lautnya jadi super biru khas laut. Kalo pagi2 masih biru muda biasa, kalau agak sore jadi kayak tosca kehijauan. Hmmm…. Pantai Mediterania memang indah…..