Berlin yang Bersejarah

22 June 2011

Pagi ini agak telat keluar-nya soalnya baru tidur sangat larut kemarin. Kita naik bus hop-on hop-off biar gampang sekalian ngiderin Berlin deh. Tujuan pertama adala Holocaust Memorial, yang letaknya tak jauh dari Bradenburg Tor. Memorial yang luasnya 4.7 hektar dan baru diresmikan tahun 2005 ini terdiri dari blok2 abu2 yang suram dan membingungkan. Apa dulu ini tempat Hitler mengeksekusi para Yahudi ya?

Soalnya saat di tepi2 masih ‘aman’ lah, eh saat Nyo bergerak berjalan ke bagian tengah memorial ini kok blok-blok di sekitar ku jadi semakin tinggi semua dan tiba2 merasa terjebak, seram dan tambah gelap. Aaahhh…….Nyo jadi ngebayangin kalo cekungan di tengah tanah lapang ini tadinya buat numpuk mayat para Jews…bergidik, langsung lari ke tepi lagi! Benar-benar tricky!! Tapi sangat unik lah desain-nya, di bawah hasil jepretan Nyo, suram kan..😀

Holocaust Memorial

Kita naik bus lagi mengelilingi Berlin, melihat beberapa gedung bersejarah, monumen dan museum, tapi malas lah untuk turun karena panas banget. Kita turun baru di Checkpoint Charlie… Sejarahnya, tempat ini adalah perbatasan masuk antara Berlin Timur dan Barat pada saat perang dingin. Ini juga suka dipake sebagai perbatasan antara tentara Uni Soviet dan tentara Amerika dulu, wuizzz… kebayang deh pas perang dulu tempat ini banyak tank2 dan pasukan pastinya mencekam :s

and now? Tempat ini tempat tujuan turis! Bahkan kita juga bisa berfoto dengan pasukan sekutu loh (bayar tapi, hehe…). Baju Nyo udah kayak bendera Jerman aja yak kalo ditambahin warna merah :p . Di dekat sana juga ada lokasi sisa tembok Berlin, juga eksposisi penjelasan sejarahnya lengkap dengan time-line. Hmmm… begini baru enak nih, belajar sejarah langsung ke tempatnya!! Jadi gak boring..🙂

Foto di Checkpoint Charlie dgn pasukan sekutu ^^

Alexanderplatz juga menarik untuk dikunjungi karena selain menara TV, ada juga jam waktu dunia yang menunjukkan waktu2 di seluruh dunia (ini masih berjalan akurat lho). Dari sana berjalan ke Berlin dome, merupakan katedral besar yang memiliki kubah berwarna kehijauan antik.

Berlin Dome

Di dekat sana ada Museums Insel, atau kawasan museum yang terdiri dari Atlas museum, Neus museum, Altes nationalgallery, Bode museum dan Pergamon museum. Tiket masuk dijual untuk paket semuanya, hmm.. lumayan mahal sih kalo gak pelajar 17 EUR (klo student kayak NYO setengahnya deh :p). Tapi Nyo males kalo masuk semuanya, udah tepar euy.. jadi cuma masuk beberapa dan yang favorite sih Pergamon museum karena isi-nya unik banyak kebudayaan Mesir dan ada Islam2-nya. Kalau untuk bangunan luarnya, yang bagus kubah-nya Bode museum..

Yup… jalan-jalan di Berlin diakhiri dengan shopping2 (terutama suvenir pecahan tembok Berlin yang unik dan ada sertifikatnya –> katanya skrng sudah mulai jarang lho soalnya udah jadi komersil sih, hihihi…) dan beli PRETZEL!! yummy.. pretzel emang enyak.. :g

Museum Insel