Doa Nabi Zakaria as

Yep, this post is for those of you who are still longing for babies… well, including us🙂

Berikut ini adalah doa Nabi Zakaria a.s yang terdapat di dalam Al-Qur’an.

QS 21:89

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.” (Al-Anbiya :89)

Doa di atas diucapkan Nabi Zakaria a.s saat sudah mencapai usia senja sedangkan belum dikaruniai anak. Beliau merasa sedih melihat umatnya tidak mengikuti seruan iman dan merasa hidup sendirian di tengah – tengah banyaknya manusia yang ingkar terhadap Allah SWT. Dalam suasana seperti itu, Nabi Zakaria a.s memohon dengan suara yang lembut pada Allah SWT agar dikarunia seorang putra saleh yang akan menjadi pewarisnya dalam ajaran tauhid& iman untuk memimpin umatnya setelah beliau wafat.

Dalam doa ini, sekiranya Allah tidak mengabulkan doanya, yakni memberi keturunan, Zakaria menyerahkan dirinya kepada Allah SWT sebab Allah SWT adalah ahli waris yang terbaik. Lalu Allah SWTmengabulkan doanya dan istrinya dapat mengandung. Ayat selanjutnya (QS 21:90) juga dijelaskan bahwa “Mereka selalu bersegera dalam mengerjakan kebaikan dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka orang – orang yang khusyuk kepada Kami”

QS 19:5

Artinya: “Maka, anugerahilah aku seorang anak dari sisi-Mu” (Maryam: 5)

Lalu Nabi Zakaria a.s diberi tanda akan kelahiran Yahya, yaitu tidak bisa bercakap – cakap dengan kaumnya, hanya sekadar dengan isyarat saja selama tiga hari tiga malam. Dalam ayat sebelumnya dijelasakan, bahwa Nabi Zakaria berdoa, “Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu ya Tuhanku.” (QS 19:4). Allah SWT berkuasa menciptakan seorang anak walaupun ayah ibunya sudah tua. Oleh karena itu, manusia TIDAK boleh berputus asa.

Di zaman ini, ada banyak cara untuk berusaha memperoleh momongan. Misalnya untuk pemeriksaan sebelumnya, disarankan untuk cek TORCH. TORCH ini terdiri dari Toxo-Rubella-CMV-Herpes, yang berbahaya jika menginfeksi wanita hamil. Contohnya menyebabkan kehamilan anggur+keguguran, kecacatan janin, dsb, karena virus-virus ini bisa menggerogoti janin. Jika hasil IgG dan IgM keduanya positif, perlu ditindaklanjuti oleh dokter,  akan diberi paket obat – obatan penangkal TORCH yang harus diminum secara teratur + terjadwal. Sebaiknya jika akan hamil dalam waktu dekat hindarilah makan daging mentah/setengah matang, seperti sushi, barbeque yang tidak matang, dsb, karena dicemaskan protozoa toxo masih belum mati (jika dimasak matang baru akan mati) dan termakan oleh kita. Jika ingin makan lalapan atau salad, juga harus dicuci bersih.

Pemeriksaan kesuburan, baik wanita atau pria juga perlu dilakukan, tidak perlu menunggu sampai lebih dari setahun. Dari pemeriksaan hormonal wanita (estrogen, estradiol, LSH, testosteron, dsb), akan diketahui apakah hormon2 ini cukup untuk menunjang kehamilan. Pada lab andrologi, sperma juga akan diperika kualitasnya.  Hasil – hasil pemeriksaan ini menjadi rujukan bagi terapi hormonal yang akan diberikan oleh dokter obgyn. Mungkin bisa diberi obat2 untuk menaikkan atau menurunkan hormon tertentu kita yang abnormal. Perlu diwaspadai juga jika ada riwayat keluarga yang diabetes meskipun kadar insulin kita normal tetapi jika ada gen diabetes kuat, makan bisa jadi salah satu sumber sulitnya mendapat baby.

Jika pemeriksaan darah sudah dilakukan dan masih belum berhasil, ada baiknya juga untuk diagnosa rahim dengan USG transV. Dari pemeriksaan USG ini bisa diketahui apakah ada kista dalam rahim atau posisi rahim yang menyulitkan terjadinya pembuahan. Ada juga yang menyarankan untuk tes kekentalan darah (ACA) dan antibodi terhadap sperma (ASA) untuk tahap selanjutnya. Ada website yang bagus juga mengenai tips untuk kehamilan: http://akuinginhamil.blogspot.nl/ dan yang versi bulenya: http://www.fertilitygather.com/

Selain berusaha dari sisi medis, makan yang bergizi (jangan terlalu berdiet), dan juga mengetahui kapan masa subur kita, mari kita lanjutkan doa-nya…

QS3:38

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa” (Ali Imran:38)

Dari keluarga Imran (ayah Maryam), nabi Zakaria a.s memelihara Maryam dengan sebaik – baiknya sehingga Maryam menjadi dewasa dan menjadi pengabdi di Baitulmadis. Lalu, timbullan rasa keinginan kuat di hati nabi Zakaria untuk memperoleh seorang anak walaupun dia sadar bahwa ia sudah tua dan istrinya juga sudah tua dan mandul. Maka ia pun berdoa kepada Allah SWT. Allah SWT pun memperkenankan doa nabi Zakaria a.s dan mengaugerahkan seorang anak laki – laki bernama Yahya.

Keluarga Imran memohon kepada Allah SWT agar dikaruniai anak keturunan yang fisik, mental, maupun akidahnya baik. Karena hanya anak – anak yang baik sajalah yang akan memberikan manfaat kepada orang tua nya di dunia dan akhirat.Agar mendapatkan anak – anak yang baik, tida jalan lain bagi orang tua selain memberikan pendidikan agama dan perawatan kesehatan semaksimal mungkin. Hanya Allah SWT lah yang berkuasa untuk mengaruniai anak – anak yang baik dalam kehidupan di dunia ini.

Mari kita berdoa dan terus berprasangka baik pada Allah SWT.

Do’a kan kami juga ya, makasih. Amiin…🙂

Sumber: Bayan Quran (terjemahan dan Asbabunnuzul) dan ‘Kumpulan 100 Doa dalam Al-Qur’an’