Drop-In

Apa tuh Drop-in session? Bukan Drop-Out ya.. jangan! xD

Drop-in adalah sesi untuk bayi dan balita bermain/belajar. Biasanya sesi Drop-in hanya 2 jam/hari dan berada di Children Center (atau yang menyediakan nursery/pre-school). Kebanyakan yang ikut Drop-In ini adalah anak-anak di bawah 3 tahun… karena setelah 3 tahun, semua anak berhak dapat 15 jam/minggu gratis nursery/pre-school.

Perbedaannya dengan nursery adalah orangtua/nanny harus mendampingi anaknya selama Drop-In session, makanya gratis..tis…🙂 . Ini kali kedua Rhapsody ikutan Drop-In. Maklum, mamiNyo kan tiap hari ke office… terus pas sekalinya – karena suatu hal gak ke office, bawa aja dia ke sesi Drop-In biar maen.

Selain nursery, disini ada juga opsi nyewa nanny atau childminder (jadi anak dititipkan ke rumah se-orang childminder yang sudah terdaftar dan berkualifikasi. Satu childminder bisa megang sampai 5 anak katanya. Konon kata kolega yang pakai jasa ini, sebulannya bisa lebih murah dibandingkan nursery, beda £200 – misal nursery £1300/bulan, childminder £1100).

Nah, pada sesi Drop-In ini selain Mommy-nya si anak, banyak juga childminder atau nanny yang ikut. Yah, mungkin daripada bosan ya di rumah, mending ngajak anaknya main bareng di Drop-In session. Waktu pertama kali ikut Drop-In, saat mau registrasi ditanya, “Are you his nanny?”. JLEB! Hiks… sedih.. I’m his mom.. :(( . Huhuhu… mungkin karena kebanyakan disini yang namanya ‘ibu’ aslinya biasanya umurnya udah di atas 35 tahun, kalo nanny2 biasanya masih muda (berusaha menghibur diri sendiri).

Oia, selain di Children Center, Drop-In ada juga di Library loh.. Belum pernah nyoba sih, tapi biasanya ada sesi story telling sekitar setengah jam. Kalau mau tau lengkapnya dimana aja tempat Drop-In buat Batita anda, bisa di cek di web Borough masing-masing. Kalau untuk di Chelsea-Kensington bisa diunduh disini:

Parent and Toddler Groups updated 06-02-2014

Terus, ngapain aja sih di Drop-In session?

Kemarin kita datang di sesi Drop-In di Chelsea Open Air nursery school. Berhubung kita tinggal di Chelsea dan ini yang paling dekat rumah jadinya langsung aja datang. Disini Drop-In session-nya hanya seminggu sekali, yaitu hari Senin, tapi ada Drop-In session untuk para bapak hari Sabtu-nya. Anw, peraturan tidak boleh memakai HP strict ya disini, gak boleh foto-foto juga di dalam😦

Chelsea Drop-In (foto luar dan garden)

Chelsea Drop-In (foto luar dan garden)

Pukul 09.30 sesi dimulai. Selama satu jam mereka bebas main apa saja di Children Center, muai dari main pasir, mainan di bak air, gambar, lego, baca buku-buku, mobil-mobilan, coba aneka kostum, sampai main masak-masakan.

Pukul 10.30 saatnya makan snack. Senangnya, semua anak dapat susu kotak… bu guru pun memotong kecil-kecil pir, apel, dan pisang yang dibagikan ke semua anak, masing-masing dapat 2-3 potong. Sambil mereka makan buahnya sambil duduk melingkar, bu guru membacakan cerita yang dilanjutkan dengan tebak-dan-bernyanyi.

Menyenangkan. Lalu, jam 11.00 semua boleh bermain di luar. Nah, mungkin kelebihan di Chelsea Open Air dibanding dengan nursery lain adalah outdoor playground nya yang asik… bukan hanya halaman bermain, tapi juga berfungsi sebagai garden.

Rhapsody sudah asik bermain perosotan, lego, rumah pohon, perahu di pasir, panjat-panjatan, dsb meski hujan turun. Di tengahnya juga ada seperti amphiteather mini buat anak-anak. Asik deh.. Bukan cuma itu, tapi di sisi samping juga ada kebun tomat, labu, bunga, yang dijaga oleh scarecrow.

Di dalam kelas, anak – anak yang sudah berusia 3 tahun ke atas tampak serius belajar. Usia paling muda yang bisa masuk sini adalah 2 tahun 9 bulan. Sudah daftar sih dia untuk tahun depan.. kita lihat saja deh nanti berhubung waiting list-nya juga panjang.. Maklumlah, kriteria di Ofsted-nya outstanding soalnya ^^

Jadi Ibu-ibu yang lagi nungguin suaminya kuliah/kerja di UK, bisa datang Drop-In gratis… biar bayinya main sama bayi-bayi lain…😀