Pilih-pilih Nursery

Berasa ibu-ibu deh kalo tiba saatnya milih-milih sekolah anak.

Kebayang dulu ibu-ibu kita pasti rempong milihin sekolah buat kita… (anw, sampai S1 sih, kalo S2-S3 sepertinya milih sendiri, heheh..). Nah, Nyo baru mau pilih-pilih nursery buat Rhapsody berhubung sudah tiba saatnya, mau 3 tahun. Lumayan shock sih lihat biayanya. Well, kalo di Indo juga mahal-mahal kan biaya sekolah, hiks…

Disini, nursery dan sekolah harus yang dekat dengan rumah, dalam radius catchment area (sama seperti registrasi home-doctor). Langkah pertama adalah mencari list nursery, bisa dilihat di website Borough masing – masing. Atau bisa juga cari di portal nursery seperti http://www.daynurseries.co.uk/ atau yang lebih umum di http://www.locrating.com/schoolsmap.aspx , ada rating nya juga. Nah, terus cari yang paling dekat dengan rumah deh, telepon satu-satu: apa ada vacant place dan berapa biaya nya?

Sayangnya, dari banyak nursery yang Nyo telepon, semuanya sudah penuh… Bahkan masih waiting list sampai tahun depan T_T. Sebenarnya Nyo udah daftar nursery di Imperial sih dari Januari tahun ini. Tapi kata teman-teman yang disana, biasanya waiting list sekitar 14 bulan baru dapat. Jadi, gak terlalu ngarep…

Kalau ada yang masih ada tempat kosong, biayanya…hmm… gak terjangkau deh >.<  . Biaya nursery/mo disini hampir sama seperti gaji/mo, kalau full time (5 days, 8 jam/day, untuk di bawah 3 tahun). Dulu pas di Belanda pernah nanya daycare disamping rumah, sepertinya sama juga kasusnya, 8 EUR/jam, kalo dihitung-hitung per bulan juga nyaris sebesar gaji (dulu itungnya gaji phd student loh ya, bukan gaji senior employee).

Berikut hasil survey Nyo ngider-ngider cari daycare:

Nursery sekitar Chelsea-Kensington

Nursery sekitar Chelsea-Kensington

Maaf, di atas variabel harganya ada yang per day, per month, per term (=12 weeks). Yang perlu diperhatikan juga jam nursery, karena biasanya kebanyakan gak full, cuman dari jam 9-3pm. Kalau bagi yang ortunya kerja perlu dipikirin juga. Asumsi biaya per month itu ambil 5 days/week (karena biasanya ada pilihan bisa ambil 2-3 days/week  = part time aja nursery-nya).  Biasa jika ada untuk di bawah 3 tahun, nyedian juga nursery untuk umur 3-5 tahun (umur 2 tahun 9 bulan sudah bisa masuk).

Juga, bagi anak di bawah 3 tahun agak susah kasusnya, karena selain bayar full (kalau di atas 3 tahun dapat 15 jam gratis/week) juga tempatnya penuh, serta jam nursery jarang yang full (biasa kalau gak sampai jam 3, cuman sampai lunch). Buat yang muslim, juga perhatikan karena ada beberapa nursery yang berbasis agama dan lokasinya di gereja. Untuk amannya, pilih yang orientasi religionnya non aja (umum).

Melihat biaya di atas, nyesek juga ya… Rela gak sih kalo di Indo bayar 20 juta per bulan buat nursery. Waks! Kebayang..pantas disini orang-orang baru punya anak setelah mapan :p . Satu anak aja biayanya bikin pusing, apalagi lebih dari satu. Mending ibunya di rumah…beres! :))

Jika sudah ada yang sreg dengan biaya, lokasi, dan tempat kosongnya, baru kita bisa ‘viewing’ ke nursery-nya. Nyo sempat ke dua nursery, yang di Chelsea Worlds End dan di Warwick preschool. Rata – rata dari luar, nursery terlihat kecil. Tapi di dalamnya, indoor banyak mainan dan mereka selalu punya outdoor playground di belakang. Semua penjagaan pintu gerbang dan pintu2nya super-safe menurutku. Selain pintu yang harus diakses dengan kode, juga berlapis dengan pintu gagang tinggi, dsb. Juga, strict banget gak boleh pakai mobile-phone, entah buat telp apalagi buat foto2.

Rhapsody sih senang-senang aja diajak main viewing ke nursery.. We’ll see how is he going on😀

*TO BE CONTINUED*