Behind the stage – GCN

Sudah 1 bulan berlalu semenjak acara ISIC  dan GCN 2015 di London. Flashback sebentar… Acara GCN (Gala Cultural Night) tergabung dalam rangkaian ISIC (Indonesian Scholar International Convention) dan ISF (Indonesian Scholar Forum). Di acara GCN, Nyo nyanyi aja sih…

Nah, yang heboh, acaranya kan tanggal 3 Oct dan 3 hari sebelumnya Nyo malah demam, flu, serta sore-throat. Heuuh… mana tanggal 1 Oct-nya nyiapin mas kerja pertama dan rempong2 ngurus Rhapsody masuk nursery pertama kali. Jadi tumbang deh. Udah gitu, hampir gak ikut gladi. Tapi akhirnya bisa ikut rehearsal tanggal 2 Oct malam, bawa  – bawa nih anak bayi karena gak ada yang jaga di rumah.

Sepertinya gak mau lagi bawa anak sendirian naik tube jauh pas jam pulang kantor (peak time: berangkat dan pulang kantor). Beuh… cari gegara. Selain super penuh, di dalam juga gak bisa bergerak! We were packed inside… Saking padatnya traffic pulang kantor. Alhasil, stroller gak guna juga, gak ada tempat buat pake stroller. Udah gitu kalau mau keluar dari stasiun tube, kalau gak ada lift dan eskalator, mohon-mohon orang lewat buat ngebantuin angkut nih bayi yang terlelap di atas stroller untuk naik tangga (sebenarnya sebelum minta juga udah pada bantuin sih, kasian mungkin :p).

Sampai disana, Rhapsody ikut latihan dengan khusyuk… Sebenarnya dia gak terlalu merasa nyaman di panggung, pengen turun melulu. But at least, he tried dan baik2 aja gak terlalu rewel malam itu. So, this is his first experience on stage… Cuplikannya berikut:

Dibuang sayang #gcn #rehearsal Radva 1st experience on stage

A video posted by Vanya2v (@vanya_2v) on Oct 4, 2015 at 11:57pm PDT

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Keesokan harinya sudah stay di venue ISIC dari pagi sebab selain ingin menghadiri seminar2 dari para pembicara yang ok, juga siangnya harus presentasi essay ISF. Menarik.. Banyak orang-orang Indo hebat yang sudah malang melintang di bidangnya di UK datang untuk berbagi dan ‘merumuskan’ banyak hal untuk kemajuan riset dan pendidikan Indonesia. Seru… Sayangnya, Nyo harus cabut duluan setelah afternoon tea sebab harus gladi dan siap-siap make-up, dsb buat GCN malamnya.

Sesampainya di Greenwood Theater, langsung menuju backstage. Kenorakan Nyo mulai muncul deh… Bingung nyari backstage.. Soalnya dikira backstage hanya ruangan di belakang panggung, ternyata di balik layar ada 4 lantai backstage. Tiap lantainya ada toilet serta ruangan2 make-up dan ruang tunggu para artis (cieh). Hmm… Akhirnya ketemu juga ruangan backstage Nyo:

backstage

backstage

Berhubung masih lama acaranya (baru lihat rundown), jadinya ada banyak waktu untuk makan2 dulu, pemanasan serta make-up (minta tolong juga, trims ya… maklumlah, I never do make-up kalau gak untuk perform atau kondangan *malas*) dan siapin kostum.

Rundown

Rundown

Di ruang make-up

Di ruang make-up

Sedihnya backstage dengan multi-lantai dan beruangan banyak adalah… Sebelum kita tampil, gak bisa nonton atau curi2 dengar dari balik layar performance lain di GCN. Jadi, kita nunggu saja di dalam ruang make-up sampai nunggu dipanggil ke bawah (level panggung).

Deg-degan? Entahlah… Mungkin karena sudah ‘tua’ dan sudah lama gak naik panggung lagi (terakhir tahun 2008), agak deg-degan awalnya. Tapi selanjutnya, karena para yang fashion show juga asik-asik jadinya kebawa suasana yang santai…

GCN  - Melodia Indonesia

GCN – Melodia Indonesia

2

Sedikit cerita, ‘Melodia Indonesia’ merupakan medley lagu-lagu nasional Indonesia yang Nyo aransemen ulang musiknya, jadi full orkestra dan lebih klasik… Lagu ini juga ada video kliip aslinya. Silahkan cek link-nya di akhir video performance GCN Nyo berikut:

Finally, I wanna thank you for all of the GCN committee and the beautiful Indonesian traditional fashion show to make this happened…

Hopefully this is just a good start for my music in London.. :p😀 xD #ibu2banyakgaya