Berburu Diskon di Boxing Day

Hore… rasanya semangat banget hari ini Boxing Day! Soalnya banyak diskon besar-besaran bakal digelar hari ini di seluruh Inggris. Ngincernya lebih ke mainan dan baju-baju anak sih, juga baju Nyo, tapi tujuan beli dimana masih belum tau. Berhubung lokasi kita di South.Ken, kita mulai dari yang paling dekat, yaitu Harrords.

Pusat perbelanjaan terkenal ini memang selalu menjadi sorotan saat Boxing Day tiap tahunnya. Beberapa jam sebelum pintu toko dibuka (10 am), orang-orang sudah antri mengular di luarnya. Bahkan, ada yang sampai tiduran/duduk-duduk, dari jam 5 am konon (wew, padahal subuh saja baru jam setengah 7 pagi). Namun, jangan khawatir capek saat antri karena para petugas Harrods juga menyediakan hiburan dari musikal Elf dan disuguhi teh/kopi juga kue-kue kecil gratis loh untuk para *calon* pembeli.

Jadi ingat, Boxing Day pertama Nyo tahun 2009 (wah, sudah 6 tahun lalu ya I’m in love with this city, London… eh gak ding, dulu masih jadi orang Scotland, dari Edinburgh). Dulu borong barang-barang suvenir Harrods. Kalap… beli banyak banget tas khas Harrods (yang biasa buat belanja itu yang ada juga banyak dijual di ITC), karena obral cuman sekitar dibawah 8 pounds.

Dari Harrods, kita langsung bertolak ke Oxford Street. Lebih banyak pilihan toko di sepanjang Oxford Street, sebut saja Selfridges, River Island, NEXT, GAP, Adidas, Primark, New Look, M&S, Disney Store, Toy Store, Clarks, Mothercare, sampai Pandora dan Swarovski (yak, toko perhiasan juga diskon). Mayoritas diskon yang ditawarkan 50% (bisa up to, bisa lebih dari itu).

Setelah keliling-keliling di banyak toko disana, memang setuju dengn rekomendasi orang-orang, best deal saat Boxing Day tuh di NEXT. Aaaa… Lihatlah, all items half price! Mulai dari baju anak-anak, jaket bagus2, celana, sampai sepatu, semuanya yang ditawarkan setengah harga. Huhuhu…. mupeng. Tapi pas lihat antri bayarnya….panjang kaliiiii. langsung panik sendiri T__T. Tampaknya harus lebih pagi datangnya.

20151226_093751 (2)

NEXT: Half-price

GAP, ZARA, dan H&M juga menawarkan diskon, tapi tidak seheboh di NEXT. Obral semua celana di GAP jadi seharga 14.9 pounds juga salah satu deal yang ok sih. Meski tetap aja Nyo gak bisa beli celana, soalnya kepanjangan (mesti nyari yang ukuran celana 3/4), hiks…

Jika mau belanja barang-barang mewah, coba ke Selfridges. Tas-tas serta parfum seperti Louis Vuiton, Prada, Gucci, Dior, juga di diskon loh. Nyo sih naik turun Selfridges mau dikata diskon 80% juga gak kebeli deh yang begituan ^^; (begitu juga dengan fashion rancangan para desainer yang diobral. Kaget lihat ada baju bayi kecil model elegan sih simpel, pas lihat harga diskonnya 2,000-an pounds. Nyeh… kalo kurs-nya jadi Rupiah sini deh kubeli).

Tapi kalau mau beli parfum, antriannya lebih khusus lagi. Untuk menghindari menumpuknya pembeli di dalam counter, dibatasi hanya beberapa orang yang boleh masuk ke counter parfum itu dan sisanya harus mengantri manis di luar. Berbeda dengan kehebohan di dalam NEXT dan Primark, dimana baju-baju sudah gak jelas berjatuhan di lantai, staff kewalahan, ibu-ibu saling rebutan baju, pusing deh… @_@

Hampir semua jenis item di diskon selama Boxing Day, kecuali properti dan mobil, katanya (eh, meski tadi Tesla Motor juga nawarin diskon tapi gatau berapa). Boxing Day juga berlaku on-line. Untuk online, best deal ada di Amazon. Sama seperti antusiasme pembeli di Black Friday bulan lalu (dimana ada diskon besar juga), kita bisa preview online barang apa saja yang akan di diskon saat Boxing Day nanti dan harus dulu-duluan belinya.

Ini foto Nyo yang diambil saat Boxing Day tahun 2009, dan 2011 di Harrods. Beda ya, dulu saat masih single, enak banget keluar Harrods nenteng belanjaan. Sekarang?? Udah seharian capek ngider-ngider, semua keluar dengan tangan kosong. He, kalau gak single jadi kebanyakan mikir ya kalau mau shopping, selalu ujung-ujungnya: gak jadi beli apa-apa buat Nyo  :(

boxing

Boxing Day Harrods

Nah, berhubung baru saja pulang dari Boxing Day, berikut adalah tips yang Nyo rangkum berdasarkan pengalaman. Semoga berguna!🙂

  • Datang lebih pagi — banyak orang rela antri pagi-pagi, karena sebelum toko buka, jam 6 (NEXT), atau jam 7 dan 8 pagi (Westfield), atau jam10(Harrods). Kenapa? Ya, banyak keuntungannya. Pertama, dapat barang yang kita inginkan sebelum diambil orang lain, terutama size sebab kalau agak siangan size favorite seperti M sudah hilang tinggal sisa size XL atau XXL (pengalaman, hiks). Kedua, antri kasir belum terlalu panjang. Semakin siang atau semakin lama Anda berbelanja, semakin lama harus berada pada jalur antrian pembayaran. Pengalaman hari ini: sudah semangat belanja, giliran lihat antrian kasirnya, langsung pengen pingsan.

 

  • Belanja fokus  — STRATEGI ternyata penting juga bagi yang ingin berburu barang di Boxing Day. Jujur, hari ini salah strategi. Kita malah keluar-masuk toko-toko buat cari harga yang paling murah dan deal-nya bagus (maklum, gak tau brand dan kualitas yang bagus sih). Nah, ini ngabisin waktu banget! Mending, datang pagi, fokus di satu toko yang nawarin best deal dan kualitas bagus, terus ubek-ubek deh barang disana dan bayar tanpa antri lama. Strategi lain yang biasa dilakukan orang-orang ‘bisnis’ adalah… biasanya para ‘turis dadakan’ ini sengaja datang ke London pas Boxing Day buat borong barang-barang branded (sampai bawa2 koper besar bo..) untuk.. DIJUAL lagi di negaranya. Wah, untung besar tuh *_* #cling

 

  • Tahu yang mau dibeli (spesifik) — Hari ini kebanyakan bingung ngadepin Boxing Day karena sebenarnya gak ada barang yang pengen benar-benar dibeli, jadinya luntang-luntung kesana kemari gatau nyari apa. Jadi, kalau bisa jauh hari tuh udah ngincer, butuh barang apa, belinya dimana, harga aslinya berapa.

 

  • Jangan beli apa-apa selain pas Boxing Day — sempat nyesek lihat barang-barang tadi di diskon begitu besar. Sementara baru aja beli barang yang mirip awal bulan ini dengan harga yang jauh di atasnya. Huhuhu…. Jadi, demi saving banyak (dibanding jika membeli di musim lain) dan menghindari ‘menyesal kemudian setelah membeli’, mending tunda dulu hasrat membeli suatu barang (terutama fashion) sampai Boxing Day tiba (atau kalau ada diskon yang sama levelnya). Tapi, be wise, ibu-ibu… Jangan termakan diskon Boxing Day juga. Karena meskipun lebih murah, bayarnya tetap pakai uang, hehehe… :p

 

  • Esok masih ada — Yak, jangan kecewa jika pada hari ini Anda tidak berhasil membeli apa-apa saat Boxing Day (seperti saya). Sebab, ternyata Boxing Day hanyalah start-nya, hari dimana January Sales dimulai. Diskon masih berlanjut sampai tengah Januari.. Jadi, bergembiralah… Esok masih ada diskon, ibu-ibu.. ^_^ . Ayo, kita berbelanja!