Kilas Balik 2015

Alhamdulillah… sampai di penghujung tahun 2015 dalam keadaan sehat, bersama keluarga, dengan hati senang. Nyo jadi pengen kilas balik sebelum membuka lembaran baru kalender 2016.

Tahun 2015 seperti tahun peralihan.. Banyak peralihan. Mulai dari peralihan status (ibu rumah tanga-dosen jadi ibu rumah tangg-phd student), peralihan cuaca (setelah setahun di Indo, akhirnya kembali lagi ke benua biru), peralihan fisik (secara Rhapsody sudah 2 tahun dan gak ASI lagi, jadi efek terbesar adalah pada kenaikan BB MakNyo), juga peralihan otak (rasanya sudah lama banget nih otak gak dipake buat mikir berat, terus masuk-masuk phd langsung digenjot lagi rasanya sampe berasap).

Awal tahun 2015 lalu, di samping masih sibuk menyelesaikan tugas ngajar dan perintilannya (dan akhirnya resmi cuti pada bulan Feb 2015), Nyo juga akhirnya nulis lagi. Yak, belajar menulis novel lagi dalam proyek 30 hari. Ingin tahu novel apa itu SIMFONI SAFIR? Klik aja disini. Semuanya ditulis saat si kecil tidur dan sedikit-sedikit. Jadi agak ‘susah’ membangun emosi dalam novel ya… Niatnya sih pengen coba kirim ke penerbit2 lagi. Setelah kirim-kirim ke beberapa penerbit (sekitar 5, gak terlalu banyak dan brutal kayak waktu buku Trilogi:One Dos Trois dulu), sekitar 6-9 bulan kemudian jawaban-jawaban itu pun datang. Yak, tak ada satu pun yang menerima. Hehehe… yo wis, artinya harus lebih banyak belajar nulis lagi.

Bulan Maret adalah bulan peralihan. Sulit untuk memulai lagi sendiri dan meninggalkan keluarga. Tapi semuannya Alhamdulillah berjalan sesuai rencana atas kehendak Allah SWT. TIba di London, langsung memulai ‘pekerjaan’ sebagai phd student yang ternyata berat ya lama-lama. Awalnya masih santai, tapi semakin kesini rasanya butuh kerja siang-malam T_T.

Bulan Maret juga ada milestone penting, yaitu 10 tahun my lovely ISO (ITB Orchestra). Jadi kami para Ejang, berinisiatif untuk membuat konser kolaborasi online yang ditampilkan saat konser 10 tahun ISO di Aula Barat ITB (huhu.. how I miss that place, saat main piano disana, saat latihan PSM disana, saat main biola sama ISO). Silahkan di tonton lagi :p

Lalu tanggal 1 April 2015, resmi Nyo duduk di ruangan 344 menjadi anggota lab ini. Kuliah-kuliah (gak wajib) dan kegiatan kampus, sampai di kampus sebelah (Royal College of Music) rajin Nyo ikuti. Hehe… saking gak ada kerjaan gara-gara gak ada yang diurus (anak dan suami). Subhanallah…. ternyata jadi ibu sama being single itu ‘beda’ banget. 5 bulan tanpa mereka benar-benar lowong me-time ya (hampa terasa #nyanyi).

Sampai bulan Mei, pada hari Kebangkitan Nasional, Nyo launch video medley dari lagu-lagu nasional favorit Nyo: Melodia Indonesia, yang terdiri dari lagu Simfoni Raya Indonesia (SRI) – Indonesia Jaya – Satu Bendera – Indonesia Pusaka. Model video klip nya, siapa lagi kalau bukan my fave boys🙂 . Syutingnya bulan Maret di Kota Tua, where I can captured another side of Jakarta, tema old Batavia gitu deh… Sayang gak bisa naik sepeda sih Nyo. Meskipun dandanan kita mencolok sendiri disana, tapi ya cuek aja…PD aja🙂

Lalu, bulan Juni Nyo nyoba jadi TA (teaching assistant) pertama kali untuk short course ‘Coding for Medics’, yaitu kuliah singkat seminggu untuk anak-anak S1 kedokteran. Uniknya yang ngajar itu dokter tapi dia S3 nya ambil computer Science dan jago banget plus sibuk. Ternyata dokter-dokter juga perlu coding yah.. Ini setuju banget perlu diajarin, biar para dokter menyadari riweuh nya coding dan terkadang bikin stress sendiri.  Jadinya mereka gak semena-mena ‘nyuruh’ nantinya kalau bekerja sama dengan para technologist. Hehe… pengalaman pribadi :p

Keseruan masih berlanjut bulan Juli dimana Nyo dan 2 mentor lainnya membimbing anak-anak remaja perempuan pada Girls Engineering Summer School yang pertama di ICL. Dalam seminggu, Nyo jadi ikut belajar banyak dari banyaaaak… orang-orang lintas jurusan STEM di ICL. Kereeenn…. meski ngatur anak-anak remaja memang kadang butuh kesabaran. Tapi secara semuanya cewek, masih lebih mudah sih dibanding ngatur mahasiswa2 cowok seperti dulu. Go girl!🙂

Lebaran tanpa keluarga lagi akhirnya dialami Nyo.  Tapi senangnya bisa ketemu my fave person di Stereo, yaitu Vidi Aldiano. Hehe… Keren banget dia, udah pinter, suaranya keren, karirnya bagus, bisnisnya sukses, yang paling penting: baik, humble, down to earth, ramah…top deh! Tahun ini juga bisa berfoto bareng my fave person dalam dunia keartisan di Indo, yaitu Maudy Ayunda. Wawa…. love this girl, uda pinter main musik, nyanyi, kuliah di Oxford pula, cantiiiikk, aktingnya bagus, dan gak sombong juga, gak sok-sokan deh. Perlu diacungi jempol bagi waktunya🙂

maudy

with Maudy and Vidi!!❤

Pulang dari sholat Ied banget. Berhubung sedih sendirian (eh gak ding, makan-makan ketupat dan teman-temannya di Wisma Merdeka) lebaran, Nyo malah bikin video klip cover my fave Maher Zain song ‘Guide Me All the Way’, syuting sendiri (pake HP ditaroh-dimana-aja gituh) di piano kampus. Bikinnya 2 versi loh, Indonesia dan Inggris (sok ngikutin Maher Zain, ternyata repot juga ya :p). Silahkan ditonton lagi….

Bulan Agustus adalah bulan yang paling menyenangkan karena my family finally came to London! Alhamdulillah datang saat sudah ada flat (secara sulit sekali mendapat flat family di London, apalagi status cuman student). Kita jalan-jalan ke Edensor dan sekitar London, hehe…

Kembali dari liburan sejenak, Nyo harus menyesuaikan diri lagi. Peralihan dari single jadi ibu lagi rasanyaaa…. haaa, awalnya susah ngatur waktunya: masak, ngelab, kuliah, dsb. Tapi lama-lama enjoy sih… Tak lama kemudian, Alhamdulillah bulan Oktober Rhapsody dapat tempat di nursery dan Mas diberikan Allah SWT rejeki untuk kembali berkarir. Lagi-lagi Nyo harus lebih beradaptasi, karena Rhapsody juga mengalami peralihan yang sangat cepat ke kegiatan di nursery. Seperti biasa, awalnya selalu sulit… but..

“If you don’t do it then you can’t do it…”

Yeah, sometimes we just have do it and don’t overthink about it.

Awal Oktober juga Alhamdulillah Essay Nyo kepilih buat di presentasikan di ISF (Indonesian Scholar Forum) bagian dari ISIC. Lalu, malam harinya kembali lagi menyanyi di panggung (OMG, setelah 7 tahun gak pernah nyanyi depan umum lagi!!). Siang presentasi, malam nyanyi… Hahah, ‘kerjaan’ banget yah hari itu. Alhamdulillah semuanya berlangsung lancar. Ngerasain juga ya nyanyi di teater di London, meski cuman sedikiit… dan sebentar. Kalau mau tau penampilan Nyo di GCN, klik disini.

Mulai Oktober, mulai term baru Okt-Des Alhamdulillah Nyo kepilih jadi TA Computer Vision. Senang sih… baru kali ini ngajar di course yang bener-bener Nyo minati. Meski jadi belajar lagi, tapi justru senang biar refresh otak lagi🙂

Bulan November suhu mulai mendingin, tanda winter tlah tiba. Perenungan dalam selalu muncul bulan November. Ya, soalnya bulan November berarti bulan Nyo bertambah tua, huhuhu…. terus looking back and (sometimes) looking others, feling so left behind in many things but feel so blessed with all that I got…walhamdulillah… :’)

Ujung November, akhirnya album Victorian, band symphonic gothic metal asal Bandung rilis! Waaw…. berhubung Nyo ikutan jadi vocalist dalam 5 lagu (dari 10 lagu) di debut album mereka, jadi ikutan excited. Maklumlah, lagu-lagunya direkam nyicil dari semenjak Rhapsody masih dalam perut sampai sudah bisa jalan, hihih… Bagi yang penasaran, ini teasernya. Bisa juga dibeli di link ini ya albumnya!! Satu lagu yang Nyo nyanyi bisa didengar di bawah ini:

Akhir tahun benar-benar sibuk dan dipompa banget untuk ngejar report 9 bulan PhD yang sangat ‘menentukan’ kelanjutan Nyo disini. Tegang ya… doakan semoga Nyo bisa lulus melewati ujian sidang 9 bulan PhD nanti bulan Januari insyaAllah.  Sempat tepar selama 3 minggu kurang tidur, nge-remote kerjaan, sampai stress sendiri 0___O . Tapi setelah libur akhir tahun, Nyo bisa bernafas sejenak. Fiuuuhhh….

Oia, video-video cover selama 2015 kebanyakan hanya karaoke musikal Les Miserables, Phantom of the Opera, dan bikin akustikan I see Fire. Silahkan di cek di link masing-masing. Sementara lagu baru? Ha, cuman berhasil bikin 2 lagu baru, itu pun untuk soundtrack buku ‘Simfoni Safir’.

Untuk kegiatan baru, di tahun 2015, Nyo mulai asik dengan jurnalistik. Maklum baru ‘melek’ nulis. Selain jadi tech journalist di Tech in Asia (lepasan) untuk beberapa artikel seperti disini:

https://www.techinasia.com/talk/moving-bigdata-startups-err-big-data

https://www.techinasia.com/talk/10-reasons-choose-venture-builder-venture-capital-model

https://www.techinasia.com/talk/digital-effect-exploring-indonesian-open-data

https://www.techinasia.com/talk/develop-good-idea-startup

…Alhamdulillah tulisan jalan-jalan Nyo juga masuk republika. heheh… dan ada foto Rhapsody nampang disana. Asiknya kau, Nak, masih kecil sudah masuk koran nasional, ibunya aja baru pas usia 21 tahun masuk koran :p (terus absen lama, semoga nanti bisa beredar lagi dalam kebaikan, haha… #apasih ..aamiin…).

edensor

Pertama kali artikel masuk koran🙂 .Alhamdulillah…

Untuk jurnalistik di media TV tampaknya lebih asik ya. Meskipun baru hitungan jari jadi CJ (kebanyakan ngirim gak keterima sih, haha…), tapi I really enjoy it… I mean, I enjoy being in TV, seeing myself in TV (nyeh #narsis, hasrat lama untuk jadi artis masih terpendam dalam hati :p). Maafkan my delusion yah…. (terus langsung ingat tumpukan paper yang belum dibaca buat ujian sidang 9 bulan   -__-).

Ini kumpulan aksi Nyo sebagai reporter (malu ah :p)

Next year? I really… wish bisa garap album ke -5 yang sudah tertunda lama sekali. tapi entah ya… wong lagunya belum ada xD .. Doakan semoga bisa tercapai… juga pengen bisa publish (yang artinya harus ada hasil dulu research nya, haha… mohon doanya :D).

It’s been a great…great…great year 2015! With all its ups and downs… Alhamdulillah wa syukurillah… thank you Allah. Semoga tahun 2016 bisa semakin baik semuanya, semakin bisa memberi impact bagi lebih banyak orang… aamiin… Allah knows what’s in my heart and hope Allah will always guide me all the way (#nyanyi lagi deh.. :D)