Hanya Permulaan…

Alhamdulillah… Kamis lalu Nyo baru lolos sidang 9 bulan-an. Jadi kalau di kampus sini, saat kita masuk program PhD ada ujian 9 bulan yang menguji apakah kita layak lanjut phd atau diturunkan jadi MRes atau bahkan diberhentikan sampai disitu saja. Hmmm… Deg-degan sih.

Ternyata riset itu… susah ya. Bukan hanya kesabaran, tapi juga harus kreatif, bagaimana mencari-cari masalah dari topik yang diberikan. Apakah masalah itu menarik dan baru? Apakah solusinya bisa berguna? Apakah solusinya bisa menjembatani gap yang ada? Sebenarnya Nyo bukan tukang cari masalah… Gak suka cari-cari masalah. Makanya lebih kerasa selama 9 bulan di’cekokin’ pembimbing terus, tiap ditanya balik seperti gak ada ide mau apa. Haha…. maklum, kurang kritis :p

esr

Report di atas sudah disubmit akhir tahun kemarin, tapi baru presentasi sidang kemarin. Saat presentasi ada penguji eksternal biasanya. Selama 20 menit presentasi dan tanya jawab 20 menit sisanya. Lebih seperti diskusi sih, tapi yang pasti harus paham benar mengenai metode dan cara kerjanya, konsep dibaliknya.

Setelah presentasi, kita dipersilahkan menunggu di luar ruangan. Biarkan pembimbing dan penguji berdiskusi untuk sesaat. Setelah beberapa lama, si prof nyamperin dan suruh Nyo masuk ruangan lagi. Jeng… Jeng…. inilah hasilnya, “Setelah menimbang-nimbang, kami semua suka kerjaanmu. Jadi, kamu lulu…”

Horee…. Nyo gak sadar saat itu ekspresinya malah: tepuk tangan sendiri sambil senyum-senyum thank you. Aneh banget, ketauan childish-nya deh.. xD

Rasanya senang sih bisa lanjut… eh tapi.. tapi… setelah euphoria singkat baru tersadar. Ini ternyata hanya permulaan, kawan…. si prof langsung menekan, sepertinya ini waktunya. Waktunya untuk kamu coba nulis buat publish. Tapi kamu harus cari topik baru, karena kamu gak bisa make data buat report 9 bulan mu itu.

Heuu… Euphoria barusan langsung berganti menjadi keringat dingin. Soalnya program masih mandek gak bisa di compile, hahah… terus deadline cuman 1 bulan lagi, belum ada hasil buat konferens besar di bidang Nyo. Yasulah… #pasrah

Yang lagi baca, mohon doanya semoga Allah SWT memberi jalan ketemu hasilnya kalau emang rejekinya bisa publish di konferens tsb. Hehe… makasih.. ^_^

Semua ilmu milik dan dari Allah SWT….  :)

Ini hanya permulaan. PhD 9 bulan belum ada apa-apanya dibandingkan kehidupan akademik dan research ke depan. Eh? Yakin nih mau jalanin karir disitu? Hahah…. entahlah. Suka sih suka, tapi pusing juga yah belajar terus… xD . Kata mas, “Kamu dari dulu belajar melulu…. kalau belajar terus, kapan dapat dan cari duitnya?”. Hiks… benar juga sih. Tapi sempat pengen balas, “Ya yang cari duit kowe lah…” #malas heheh… :p

I dunno…. We’ll see whether I’ll stay in academia or research. But, you know that I’m also very interested to pursue my entrepreneurial journey…. Very excited for it, actually.. So we’ll see and hope Allah SWT will lead me the way…🙂❤