Thomas Land dan Cadbury world

Liburan Spring kali ini Alhamdulillah menandai telah 1 tahun Nyo berada di London, hoho… Senangnya bisa berkumpul lagi bersama keluarga, setelah 1 tahun lalu harus kesini sendiri berpisah dengan mas dan si kecil. Berhubung ortu datang ke UK, jadi mas sekalian cuti (nyambung dengan liburan Easter yang panjang), jadi looong… holiday.

Thomas Land

Hari pertama, kita ke Thomas land. Thomas land ini berlokasi di Drayton Manor Theme Park di Tamworth, yang hanya sekitar 30 menit dari Birmingham. Dari London, tersedia kereta langsung ke Tamworth, biasanya one-way sekitar 8 GBP. Dalam  1.5 jam, kita samapi di stasiun Tamworth dan untuk mudahnya, bisa menggunakan taksi ke Drayton Manor Theme Park. Sebab, jika menggunakan bus, harus jalan lagi ke wahananya sekitar 15-20 menit. Sedangkan, jika menggunakan taksi, sekitar 6 GBP (lebih murah jika daripada naik bus, jika kita bepergian tidak sendiri, misal ber-4), kita bisa langsung tiba di depan entrace park dalam waktu 15 menit dari stasiun.

Tiket masuk Drayton Manor jika beli di tempat 39 GPB, tapi jika beli online dan >7 hari sebelum tanggal kita datang, bisa diskon jadi 23 GPB. Jadi, kalau sudah yakin, beli saja untuk diskon 30% tersebut. Lumayan…
Thomasland seakan mengajak kita untuk bertualang seru ke kota Sodor, tempat
Thomas dan teman – teman keretanya tinggal. Disana anak-anak bisa menaiki berbagai
wahana menarik, seperti carousel , bus Bestie, berfoto dengan karakter kereta Thomas,
mengendarai traktor sendiri, ontang – anting lokomotif, mobil klasik khas Sodor, dan
kereta monorail mini Winston.

thomas

Aneka permainan di Thomas Land

Yang paling ditunggu-tunggu oleh anak – anak adalah..apa lagi kalau bukan menaiki kereta  Thomas dari Stasiun Knapford, menuju ke peternakan McColl. Di peternakan, terpajang juga  miniatur kota Sodor dengan kereta – kereta mini Thomas and Friends yang melintas.

Setelah puas bermain di Thomasland, jam 4 sore kita bisa menonton penampilan musikal spesial  dari karakter-karakter di film Thomas&Friends seperti Fat Controller, Lady Hatt, dsb.

Selain bermain, tersedia juga toko suvenir yang menjual mainan dan koleksi lengkap serba Thomas & Friends.  Pastinya, pilihan liburan ke Thomas Land benar – benar bisa memanjakan si kecil penggemar karakter kereta  Thomas and Friends.

Simak video lengkap bermain di Thomas Land di sini:

—- (coming soon)

Tak hanya permainan untuk anak kecil, Drayton Manor juga menawarkan berbagai wahana yang ‘seram’ bagi dewasa, seperti macam – macam roller coaster, kora-kora, dan yang mendebarkan lainnya. Oia, bagi yang membutuhkan luggage storage facility, disana juga ada locker yang membandrol harga jasa penitipan koper besar 6 GPB/sepanjang hari (lebih murah jika lebih kecil ukuran dan lebih singkat waktu penitipannya).

Nah, berhubung kami masih mau melanjutkan perjalanan ke Birmingham jadi dari Drayton Manor menggunakan taksi kesana. Door to door ke B’ham city center, sekitar 35 GBP menempuh sekitar 20 menit. Sebab bus agak susah dijangkau dari Tamworth (jarang dan harus jalan agak jauh).

Cadbury World

Keesokan harinya, kami menyempatkan untuk berkunjung ke B’ham Museum and Art Gallery. Ada yang spesial disini, yaitu Al-Qur’an tertua dipamerkan lagi sampai bulan Agustus 2016. Tentu kami tak melewatkan kesempatan ini. Al-Qur’an tertua ini diprediksikan (dengan radioaktif) berusia pada tahun 568 -645,  yaitu yang paling dekat dengan masa Rasulullah SAW hidup (570-632).

20160403_102301

Al Quran tertua di Birmingham

Al-Quran tertua ini bisa sampai ke B’ham karena dibawa oleh Cadbury pada tahun 1930-an sebagai koleksi. Yang ditemukan adalah lembaran dari bagian surat ke 18, 19, dan 20. Subhanallah… Meskipun saya agak sulit membacanya (karena huruf / kaligrafi beda, yaitu Hijaz script, dan gak ada tanda bacanya), tapi hati terus tersenyum kagum. Benarlah Al-Quran terus terpelihara semenjak diturunkan hingga saat ini (surat Al Hijr: 9).

Dari sana, kami bertolak ke Cadbury World, yang masih berlokasi di Birmingham. Sebenarnya tahun lalu Nyo sudah pernah kesini, sayang waktu itu keluarga berhalangan ikut jadi kesini lagi deh. Bagi pecinta cokelat, Cadbury World membuat kita seakan berada di dunia Willy Wonka dalam fantasi Charlie & Chocolate Factory. Semenjak masuk ke pabrik coklat, aroma cokelat sudah tercium harum semerbak, menggelitik perut untuk segera menyerbu. Sayang, di dalam pabrik, tidak boleh mengambil gambar.

cadbury

Berbelanja di Cadbury World dan bermain

Tiket masuk ke Cadbury World dibandrol sekitar 15 GBP / orang dewasa. Selain berkunjung ke pabrik cokelat yang super besar, kita juga bisa menjelajah dunia Cadbury, mulai dari sejarah, menonton 4D video edukasi tentang cokelat, bermain interaktif di dunia ungu Cadbury, menonton demo pembuatan cokelat rasa, menikmati cokelat cair bertabur topping pilihan, mengendarai mobil Chocolate Bean di ‘istana boneka’,  sampai arena bermain outdoor. Semua itu bisa dilakukan di Cadbury World…!! Yummy…  :g

Bahkan, saat liburan sekolah tiba, ada atraksi tambahan seperti sulap dan hiburan bagi keluarga. Jangan lupa, sebelum pulang, sempatkan untuk berbelanja di toko Cadbury terbesar disana! Selain lengkap, cokelat Cadbury yang dijual disana juga lebih murah dari harga biasanya. Cocok sekali bagi Anda yang berburu oleh – oleh: harga grosir..sstt…🙂