Asiknya nonton orkestra gratis

Minggu sore, asiknya nonton orkestra gratis ya.. Namun, menonton orkestra tak hanya melulu di gedung konser khusus lho… Memasuki tahun ke-5, gelaran LSO (London Symphony Orchestra) Open Air Classic yang diselenggarakan setahun sekali, mengundang masyarakat untuk menikmati alunan musik klasik di alun-alun terbuka sambil menikmati udara musim semi.

Meskipun mendung dan gerimis, hal ini tak menyurutkan minat warga untuk memenuhi Trafalgar Square dan menonton penampilan orkestra kelas dunia ini.
IMG_0326

Bahkan, agar kebagian tempat yang bagus, kita harus datang maksimal 1 jam sebelumnya. Tahun lalu, 1 jam sebelumnya malah sudah terisi penuh sekali. Tahun ini, karena mendung jadi datang agak mepet juga bisa.

Kali ini Nyo mengajak si kecil ikut serta. Sambil menunggu konser dimulai, sekitar 1 jam-an sebelumnya, kita menggelar tikar (iya, tips: bawa tikar ya, daripada sakit duduk di lapangan Trafalgar. Boleh juga bawa bantal karena sewa cushion £2, lumayan..). Setelah gelar tikar, keluarkanlah semua persediaan makanan, yaitu buah-buahan, kacang kulit, cokelat, minuman, cracker, biskuit, dan mobil-mobilan si kecil. Orang – orang juga pada bawa makanan, malah roll/sandwich gitu, sekalian dinner… Tadinya mau bawa dinner, tapi agak repot yah, masa bawa nasi, mie, tempe, sama lalapan nonton orkestra  =,=

Acara yang di sponsori oleh BMW ini mengangkat tema komposisi dari musisi Rusia legendaris, yaitu Tchaikovsky. Sebut saja 1812 Overture yang spektakuler, dan ‘Swan  Lake’ dibawakan dengan sempurna oleh LSO. Antusias penonton terbawa saat
presenter mengajak untuk membuat musik dengan tepukan, hentakan, atau gemerincing  kunci, mengikuti aba-aba ketukan yang disediakan untuk mengiringi orkestra.

Tapi namanya bawa toddler ke konser, ya gak betah yah… Berkali-kali dia teriak-teriak (entah heboh sendiri atau bosan), dan ribut, “I cant see.. I cant see..” (soalnya orang-orang di depan pada berdiri, padahal harusnya duduk, sudah di warning tapi tetap saja mbandel), hiks… Pokoknya intinya, kalau mau menikmati, ya jangan bawa toddler :p . Untung kemarin konsernya open air alias di lapangan terbuka jadi lebih santai, dia bisa teriak sesuka hati, dan kita pulang duluan  xD
Jika di Jerman, mereka punya Opera open-air, London punya Orchestra classic open-air. Cara ini memang efektif untuk mengenalkan musik klasik ke masyrakat luas dengan suasana yang lebih santai, dan tentu saja semuanya: Gratis!