Indonesian Weekend: Merayakan Indonesia di London

Indonesian Weekend yang berlangsung selama 2 hari (28-29 Mei 2016) di London sukses menyedot perhatian  lebih dari 70.000 warga London. Acara yang diselenggarakan di Potters Field, tepat di sebelah landmark kota London,  yaitu Tower Bridge, dimeriahkan oleh sejumlah seniman (Didik Nini Thowok, Cecep Arief Rahman – bintang
The Raid – Silat), desainer (Hijab ElZatta, Zainal Rongket, Astri Lestari), musisi (Ivan Nestoman,  Speaker First, Saung Angklung Udjo), chef (Chef Degan Septoadji, Chef Gede Susila), dan pelaku industri  Indonesia (Garuda Indonesia, Kementrian Pariwisata, Batik Jawa).

Didik Nini Thowok mampu menyihir para penonton dengan tarian topeng dwimuka khas-nya.  Penari yang juga aktor dan komedian ini kerap melontarkan canda pula
di atas panggung- yang dipandu oleh MC Ben Kasyafani. Tak hanya itu, ia juga menampilkan tarian tradisional dari grup tari binaannya.

Penampilan Didi Ninik Thowok mampu membuat saya bernostalgia ke 20 tahun silam. Kala saya masih SD dulu, mas Didi pernah beberapa kali datang ke sekolah dan menarikan tarian topeng yang sama. Saya yang masih kecil dulu sangat terpukau bagaimana ia bisa menari sambil ‘terbalik’ badannya dan gerakannya sangat lentur saat memakai topeng di belakang muka. Waktu itu, mas Didik juga membagi-bagikan post-card bergambar dirinya dalam berbagai kostum tari. Lucu. Saya pun membeli dan masih menyimpannya. Sayang, kemarin saya tidak bisa masuk ke backstage untuk ber-selfie dengan sang penari legendaris   T_T

Selain tarian, pengunjung juga disuguhi musik tradisional oleh Ivan Nestorman (Flores), yang berkolaborasi dengan Saung angklung mang Udjo (Bandung).

indweek2

Didi Ninik Thowok dengan Tarian topeng khasnya

Dari sisi kuliner, Chef Degan Septoadji (juri Master-chef Indonesia) dengan bangga mengajarkan para bule untuk memasak soto ayam (dan masakan khas Indonesia lainnya) pada sesi cooking demo. Tak lengkap nampaknya jika lidah tidak menyantap masakan Indonesia, yang pastinya dijajakan juga disini; seperti nasi gudeg, nasi rames, rendang padang, bakso, es cendol, sampai sate ayam – yang menjadi hidangan favorit para bule Inggris.

Kekayaan seni dan budaya tradisional yang diusung oleh Wonderful Indonesia juga ditampilkan oleh stand masing-masing daerah, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, sampai Bali – banyak yang mengajak berfoto bersama. Bagi yang membawa anak-anak, bisa juga bermain IndoPoly (yang berhadiah goody bag Indonesia)  dan merasakan permainan khas Indonesia (gasing, congklak).

indweek1

Indonesian Weekend at Potter’s Field yang hijau

Tak ketinggalan, elZatta Dauky membawa hijab Indonesia ke kancah internasional untuk semakin menguatkan nama Indonesia sebagai kiblat fashion muslimah dunia. Indonesian Weekend diharapkan bisa mendukung program pemerintah Indonesia untuk memancing lebih banyak wisatawan Eropa sehingga dapat mencapai target 20 juta turis berkunjung ke Indonesia pada tahun 2019.

Video selengkapnya: http://sg.netcj.co.id/moment/video/70195/indonesia-weekend-gelaran-akbar-untuk-rayakan-indonesia-di-london