Ratusan kupu-kupu diterbangkan ke Inggris

Ratusan kupu-kupu tiba di Inggris, tepatnya di halaman National history museum, London –  pada pameran ‘Sensational Butterfly’. Kupu-kupu ini sengaja diterbangkan dari berbagai belahan dunia, seperti dari Afrika, Asia Tenggara, dan juga Amerika. Berbagai kupu-kupu tropis, seperti blue morpho. moon-moth, swallowtail, dengan macam-macam jenis serta warna bisa ditemukan disini.

Tenda yang dibangun juga dikondisikan khusus agar seperti iklim tropis: suhu hangat,
kelembapan tinggi, dan dipenuhi dengan tumbuhan tropis seperti pohon pisang, pepaya, bunga, dsb,  agar kupu-kupu bisa bertahan selama pameran berlangsung (3 bulan).
Selain bisa berinteraksi dengan kupu-kupu secara langsung (tidak ada jejaring ataupun pembatas),  kita juga bisa belajar dan mengobservasi. Fakta-fakta mengenai kupu-kupu disajikan dengan apik, sambil menikmati berada di dalam ‘hutan’ kupu-kupu. Contohnya adalah, ternyata makanan favorit kupu-kupu adalah buah-buahan busuk (pisan, jeruk, pepaya). Tak hanya itu, kita juga bisa melihat perkembangan kupu-kupu secara detail pada tiap fasenya. Mulai dari ulat gendut yang terlihat bertengger di daun-daun, terkadang suka berkamuflase di dinding atau tangkai daun.  Lalu, ia menjadi kepompong.

Di dalam pembiakan, tampak lepidopterist (ahli kupu-kupu) menggantung kepompong.
Di alam bebas biasanya hanya 10-15 persen ulat bisa berhasil bertransformasi menjadi kupu-kupu. Namun, di dalam pembiakan ini, kesuksesan ulat berkembang menjadi kepompong lalu kupu-kupu meningkat jadi 85 persen. Lepidopteris akan membantu makhluk kecil ini keluar dari kepompong dan mengepakkan sayapnya menjadi kupu-kupu yang indah.

Ingin tahu seperti apa? Berikut liputannya..🙂