Berakhirnya Musim Panas yang Panjang…

Akhirnya suhu turun juga. Sabtu kemarin suhu di London tiba-tiba jadi tinggal 14 derajat, setelah 1 hari penuh diguyur hujan deras. Padahal awal minggu lalu (12-14 Sept) sampai di atas 30 loh…

Minggu kemarin cuaca ekstrim terjadi di Inggris, fenomena September terpanas terjadi setelah 106 tahun. Seharusnya bulan September telah memasuki musim gugur yang suhu normalnya berkisar di bawah 20 derajat. Namun, September tahun berbeda. Puncaknya adalah pada 3 hari kemarin (13-15 September 2016) dimana suhu di atas 30 derajat.

Menurut Met Office, tahun inilah adalah suhu September tertinggi di Inggris dalam kurun lebih dari 100 tahun. Ramalan cuaca mengukur suhu 34.4 C di Gravesend, Kent pada Selasa (13/9) sore, yang membuat hari itu adalah hari September terpanas di Inggris sejak tahun 1911.

Sedangkan untuk di London sendiri, Selasa kemarin (13 September 2016) merupakan September terpanas (32.8 derajat), mengalahakan rekor suhu September terpanas yang tercatat tahun 1949. Setelah lebih dari 50 tahun, bulan September menjadi panas lagi.

Suhu diperkirakan tetap tinggi di Inggris selatan untuk beberapa hari. Met Office mengeluarkan peringatan heatwave waspada level 2, agar warga tetap berada dalam kondisi aman akan cuaca ekstrim.Kondisi panas dan lembab dirasakan di penjuru Inggris. Badan kesehatan masyarakat Inggris (NHS) memperingatkan bahwa cuaca dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Apa yang menyebabkan cuaca ekstrim? Konon, anomali cuaca ini disebabkan oleh heatwave atau gelombang panas. Badai Hermine, yang menghantam Florida pada awal September, mendorong gelombang udara hangat naik ke Atlantik. Hal ini menjadikan suhu naik ke 10C di atas rata-rata suhu normal. Suhu tinggi ini diprediksi menjadikan Inggris sepanas di Jakarta, Indonesia dan bahkan lebih panas dari perkiraan Madrid dan Los Angeles. Namun, kondisi suhu tinggi ini akan berangsur menurun pada akhir pekan seiring datangnya angin segar dari Atlantik

Di London, warga terlihat menikmati musim panas tambahan. Pakaian musim panas yang tipis masih digunakan di bulan September. Kedai – kedai es krim juga masih ramai diserbu pelanggannya.

Hyde Park merupakan salah satu tujuan warga ‘menikmati’ anomali September terpanas ini. Terlihat banyak sekali orang – orang bersantai dan berjemur di terik matahari. Kursi-kursi dek lipat juga tersedia di penjuru taman kota. Ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Dengan kursi dek lipat ini, kita bisa bersantai dengan udara hangat musim panas. Selain piknik, berjemur, atau bersantai, warga bisa juga meniki perahu ataupun sepeda air yang dibandrol seharga 10 Pounds per 30 menit-nya.

Saking panasnya cuaca, tak hanya anak-anak yang bermain di air mancur taman Hyde Park, tapi juga orang dewasa. Semuanya berendam atau sekedar berjalan di air mancur agar tetap merasa nyaman/dingin dari cuaca ekstrim.