Keliling London dari Sungai Thames

Keliling London sekaligus mendapatkan ilmu engineering dari sungai Thames menjadi
keasikan tersendiri. Akhir pekan (17-18 September 2016) spesial di London, sebab kota ini mengadakan OpenHouse, dimana ratusan bangunan khas, mulai dari museum, kantor pemerintahan, sekolah, sampai gedung perkantoran membuka tur ke dalamnya secara gratis.

Salah satu tur yang ditawarkan adalah tur kapal melihat warisan engineering kota London
dari sungai Thames. Tur ini diselenggarakan oleh ICE (Institution of Civil Engineering)
khusus untuk 150 pengunjung pertama. Tak heran jika sepanjang tur, selalu ada komentar dan informasi mengenai sisi engineering dari bangunan dan infrastruktur yang dilintasi.

Kapal dua tingkat ini pun bertolak dari Festival Pier menyusuri sungai Thames. Uniknya, ini merupakan party-boat, jadi bersih toiletnya, kursi-mejanya nyaman, ada bar, turn-table, dsb. Pemandangan objek turis khas London langsung menyambut, seperti bianglala raksasa London Eyes,  galeri seni terkenal Tate Modern, dan gereja berkubah putih St. Paul Cathedral. Kapal juga melintas di bawah jembatan pedestrian, Milenium Bridge. Jembatan Millennium Bridge ini sesuai  namanya, berdiri tahun 2000 dan kerap muncul di banyak film (Harry Potter ke 6, GUardians of Galaxy, dsb). Konstruksi jembatan ini unik sebab berdesain landai dengan kabel suspensi yang ringan. Dari sungai Thames, kita juga bisa melihat kapal perang HMS Belfast (tahun 1960-an) yang sekarang menjadi atraksi museum.

London terkenal akan banyaknya jembatan mahsyur yang menyebrangi sungai Thames, yaitu London Bridge dan Tower Bridge. Orang seringkali menyebut jembatan biru dengan London Bridge, padahal bukan, itu dua jembatan yang berbeda.  Jembatan yang menjadi ikon London adalah Tower Bridge. Tower Bridge ini dibangun pada tahun 1886-1894 dan memiliki dua menara kembar, karena itu dinamakan tower Bridge. Jembatan ini juga bisa membuka gate-nya saat kapal berlayar tinggi  melintas, rata-rata 1000 kali per tahunnya.

http://sg.netcj.co.id/public-affairs/video/79649/keliling-london-1-jam-saja-dari-sungai-thames

Big Ben, yang merupakan bagian dari Palace of Westminster juga bisa terlihat jelas dari sungai Thames. Palace of Westminster ini dikenal dengan House of Parliament, dimana anggota parlemen Inggris bekerja dan berkumpul merumuskan sistem politik Britain. Sejak tahun 1987, Palace of Westminster ini masuk dalam jajaran bangunan yang dilindungi UNESCO World Heritage Site.

Selain objek wisata, selama berada di dalam tur spesial ini, kita belajar banyak hal mengenai kota London. Antara lain bagaimana kota ini memitigasi banjir. Thames Barrier yang berada di sisi selatan London bertujuan mencegah banjir dari gelombang pasang/tinggi dan badai. Mendekati area Greenwich, terlihat Cutty Sark alias kapal historis, terowongan pedestrian yang berada di bawah sungai Thames, sampai Old Naval College.

Halo kita lagi naik London ICE party boat nih 😅😂 menturis 😁

A video posted by Vanya2v (@vanya_2v) on

Setelah melihat bangunan-bangunan antik khas London, bagian modern kota London pun tampak. Gedung-gedung pencakar langit menjulang tinggi, berdampingan rapi dengan bangunan tua yang masih terjaga. The Shard ialah bangunan yang paling tinggi di London. Gedung berbentuk layaknya kecurut kaca yang lancip  ini merupakan gedung tertinggi di UK, dan ke-4 tertinggi di Eropa (95 lantai, 309.6 meter).

Perumahan-perumahan di pinggir sungai Thames memiliki arsitektur yang apik. Untuk mengatasi jumlah penduduk kota yang terus bertambah (hampir 9 juta) dengan lahan terbatas, mereka membangun banyak apartemen dengan desain yang unik, juga ramah lingkungan. Wah, lengkap sudah tur kapal di Thames ini… rasanya jadi seperti turis lagi di kota London! ^_^

Pada akhir tur, kami lalu diminta untuk menuliskan harapan akan kota, seperti apakah kota yang diinginkan. Dari banyaknya harapan yang dituliskan warga, mereka memungut suara untuk mewujudkannya dengan engineering.

kota1