Berkemah ala Pasukan Inggris Kuno

Bagaimana jadinya jika pasukan Inggris kuno berkemah di tengah kota London (Hyde Park, 8 Okt 2016)? Perkemahan ini merupakan reka ulang sejarah Pertempuran Hastings tepat 950 tahun lalu di Inggris. Pertempuran tahun 1066 ini konon merupakan titik balik dalam sejarah Inggris dimana bangsa Saxons mendominasi Inggris setelah dikuasai bangsa Romans sejak abad ke-5.

English Heritage-lah yang menghidupkan kembali sejarah Inggris ini. Mereka berkeliling Inggris untuk  mereka ulang perjalanan dan pertempuran epik dari Raja Harold tersebut. Selain bisa berfoto dengan para prajurit tempur, lengkap dengan pedang dan kostumnya, para pengunjung juga dibawa kembali ke masa abad pertengahan.

Bagaimana dapur mereka? Ya, mereka memasak dengan tungku, bahan-bahan, dan cara memasak pada tahun 1066. Menu yang ditawarkan antara lain, telur rebus isi, tart almond, ayam isi kacang dengan saus bawang, roti jahe dan jamur bawang panggang. Bahkan, kita juga bisa mencicipi makanan ala Saxon ini gratis loh.. Setelah kenyang, kita bisa juga belajar bagaimana cara membuat sepatu kulit ala abad 11 dari ahli samak-nya.

Selain itu, kisa juga melihat cara membuat pedang dari dua prajurit ini. Setelah besi dipanaskan, lalu besi panas itempa di atas kayu dengan palu, hingga pipih dan cukup tajam. Anak – anak juga bisa belajar membuat kerajinan tangan rotan atau lilin parafin atau menenun benang willow.  Lalu, para pengunjung dijelaskan tentang membuat ramuan atau obat ala kerajaan Inggris zaman dahulu. Apa saja bahan-bahan utama, dan apa saja khasiat dari ramuan tradisional tersebut.

Sepanjang hari di depan perkemahan, ksatria tampak tegap berjaga di atas kuda mereka.
Pengunjung juga disuguhi cara membuat kendi dari tanah liat. Contohnya adalah kendi kecil ini yang digunakan untuk menyiram kebun.

Tak hanya itu, perkemahan 1066 ini juga sebagai sarana edukasi sejarah yang mengasyikkan. Ksatria ini menceritakan sejarah Pertempuran Hastings yang dipimpin Raja Harold, menggunakan peta Inggris besar dan aneka buah/sayur-sayuran untuk menggambarkan perebutan kekuasaan wilayah Inggris antara bangsa Norman dan Saxons.
Sebagai pelengkap, peragaan busana tradisional Inggris ala 950 menjelaskan bahan yang digunakan dan perbedaan kostum antar kasta/kelas di kerajaan (ksatria/pendoa/wanita).

Simak video selengkapnya disini: