Aksi Pemadam Kebakaran Ajari Anak-anak Keselamatan

Rhapsody memang fans berat Fireman Sam, jadi begitu ada event open-house Fire Station, dia senang bukan main. Dalam rangka memperingati 150 tahun berdirinya LFB (London Fire Brigade)/Dinas pemadam kebakaran kota London, Dowgate fire station mengadakan event khusus. Stasiun pemadam kebakaran yang terletak di pusat kota London ini punya banyak cara mengajarkan anak-anak keselamatan sejak usia dini.
Arena tengah disulap menjadi area bermain anak-anak, lengkap dengan lego Playmobil berwujud pemadam kebakaran dan permainan interaktif.Lalu, para pengunjung juga bisa naik mobil pemadam kebakaran dan mencoba mengendarainya. Anak-anak juga diajak untuk beraksi layaknya petugas pemadam kebakaran, yaitu menyemprotkan air dari selang panjang, seolah memadamkan api yang berkobar dari rumah. Sayang, saking ‘gugup’nya ketemu Fireman Sam asli, dia malah takut dan jaim (diem aja) disana xD

fireman

Us and the Fire engine

Yang paling menarik adalah saat kita diperkenalkan dengan teknologi canggih dalam unit pemadam kebakaran. Di dalam mobil ini ternyata tersimpan banyak perangkat mutakhir yang menjamin keselamatan petugas untuk menembus bahaya.

Bagian belakang mobil ini bisa membawa 4-5 petugas pemadam. Di tiap kursi, disediakan masker khusus yang bisa membantu melihat dan bernapas didalam kepungan asap.
Kamera infrared khusus yang dibawa petugas juga bisa memudahkan dalam mengidentifikasi dan mendeteksi orang yang terperangkap di dalam kebakaran.

Tak hanya itu, sistem canggih juga dimiliki mobil pemadam kebakaran ini. Setiap petugas yang terjun ke area kebakaran dilengkapi dengan alat monitor khusus yang tersambung dengan sistem dalam mobil. Jika dalam berapa menit, alat tersebut mendeteksi tidak ada pergerakan dari petugas, maka alarm akan berbunyi. Hal ini menandakan bahwa status petugas tersebut dalam bahaya, sehingga akan dikirim petugas lain untuk menyelamatkannya di lokasi.

Radva and Fireman Sam… err no, LFB London Fire Brigade #latepost 😅😁☺️

A photo posted by Vanya2v (@vanya_2v) on

Pakaian pemadam kebakaran ini juga didesain spesial: meskipun tipis, tapi ternyata bisa tahan api sekitar 20 menit, dan membuang panas yang terperangkap. Sebagai pelengkap mobil kebakaran, juga ada unit tangga khusus yang bisa menjangkau gedung pencakar langit perkotaan. Tinggiiiii….. sekali😀

Selain itu, hadir juga mobil pemadam kebakaran London ala tahun 1890-an yang masih beroperasi dengan mesin uap.  Informasi mengenai pentingnya keselamatan di dalam rumah, cara mencegah kebakaran, dan pembagian smoke detector gratis, juga meramaikan acara ini.

Keramahan dan kecanggihan perangkat pemadam kebakaran sukses mengedukasi, serta memukau anak – anak yang datang. Unit pemadam kebakaran merupakan salah satu unit penting dalam kota metropolitan.  Teknologi canggih yang lengkapi pasukan pemadam kebakaran selain mampu menunjang berhasilnya aksi penyelamatan, juga peduli akan keselamatan petugas.

Simak video lengkapnya (Rhapsody beraksi juga loh disini) :

Tampaknya para pemadam kebakaran ‘ngeh’ mereka banyak dikagumi oleh anak-anak balita, gara-gara film popular Fireman Sam. Jadi, setiap Fire engine lewat, kalau kita melambaikan tangan, mereka yang di dalam akan tersenyum ramah, membalas lambaian, bahkan terkadang membuka kaca lalu berkata, “Hey,  mate!” :p