Istana yang Tersusun dari Gigi Susu

Di Indonesia, anak-anak yang kehilangan gigi susunya umumnya melempar gigi bawah ke atas, dan menanam gigi atas di dalam tanah. Kepercayaan bangsa Barat, gigi susu akan diambil oleh tooth-fairy atau peri gigi. Namun, ada cara baru untuk membuat gigi susu lebih berguna untuk penelitian, yaitu dengan mendonasikannya ke kastil ini. Palace atau istana gigi adalah instalasi yang tersusun dari donasi gigi, khususnya dari ribuan gigi susu anak-anak di penjuru Inggris.

Gigi susu erat kaitannya dengan pertumbuhan dan kemampuan tubuh manusia untuk regenerasi. Gigi – gigi ini merupakan simbol dari donasi altruistis bagian tubuh manusia untuk penelitian bidang medis di masa depan. Donasi yang telah berkembang dalam bidang kesehatan saat ini adalah transplantasi organ (ginjal misalnya), tali pusar yang mengandung stem cell (sel induk) untuk transplantasi tulang sum-sum, organ untuk kerangka tissue engineering (rekayasa jaringan tubuh), serta donasi stem cells orang dewasa (yang ditemukan di dalam lemak – diperoleh dengan cara sedot lemak – juga dalam gigi susu).

Nah, gigi susu inilah yang akan ditelaah lebih lanjut untuk bisa menghasilkan sel induk nantinya.  Para ilmuwan sedang bekerja keras meneliti bagaimana gigi susu bisa digunakan sebagai sumber dari sel induk untuk membuat gigi baru.

Istana gigi ini dibuat oleh kolaborasi seniman Gina Czarnecki (Liverpool) dan professor ahli stem cells Prof. Sara Rankin (Imperial College London).
Uniknya kombinasi keajaiban dan ilmu, fiksi dan fakta, kemungkinan dan potensi, juga dongeng, bisa tergambar dari sini.
Instalasi ini dipamerkan di penjuru UK, mulai dari kampus Imperial College London (saat ini), Science Museum London, Science Museum Manchester, Bluecoat Gallery Liverpool, Royal Albert Museum Exeter, dan masih banyak lagi.
Namun, istana masih membutuhkan donasi gigi agar semakin banyak dan terus berkembang, seperti batu karang/stalagmit/stalaktit. Caranya mudah; gunting bagian brosur, isikan detail, tempelkan gigi susu disana, lipat ke dalam amplop dan masukkan ke lubang yang ada di bawah istana.

Advertisements