Supermarket di Inggris juga Ikut Sambut Ramadan loh…

Inggris yang multikultural juga tak mau ketinggalan menandai masuknya bulan suci Ramadhan. Untuk memenuhi kebutuhan 3 juta penduduk Muslim di Inggris, jaringan supermarket ternama seperti Tesco, Sainsbury, Asda, dan Morrisons – menyambut Ramadhan dengan spesial bagi pelanggan muslim.

Contohnya adalah di dua supermarket yang saya kunjungi, Tesco dan Sainsbury.
Berbagai spanduk bertajuk “Ramadhan Mubarak” atau “Here for you this Ramadhan” menghiasi lorong-lorong Spanduk ini terutama diletakkan di bagian makanan populer bagi para muslim untuk membelinya selama Ramadhan, misalnya
di bagian daging halal, beras, kurma, dan minyak.

IMG_0145

Selain itu, juga ditempatkan di sudut-sudut produk Asia, camilan (kacang-kacangan), aneka bumbu jadi, aneka jus/minuman untuk berbuka puasa, sari kurma, sampai cokelat dan permen Haribo nan Halal untuk meramaikan Ramadhan.

Memang kebanyakan merupakan produk khas Asia (Selatan/Tenggara) karena kebanyakan muslim di Inggris berasal dari Pakistan/India/Bangladesh/Malaysia.
Supermarket juga kerap memberikan diskon/potongan harga untuk produk-produk populer di bulan Ramadhan, seperti kurma dan daging Halal (yang bervariasi, mulai yang bisa langsung disajikan, sampai daging giling sapi/ayam utuh).

Pasar konsumen Muslim Inggris yang terus bertambah setiap tahunnya (sekitar 4 persen per tahun sejak 2011) merupakan pasar yang menarik bagi supermarket. Bahkan, bulan Ramadhan dianggap sebagai periode penjualan terbesar ketiga, setelah Natal dan Paskah, oleh analis bisnis supermarket.
Meskipun hanya 5% muslim di Inggris, tetapi jika melihat jumlah keluarga dengan anak-anak ternyata 10% dari anak-anak di Inggris adalah Muslim. Hal inilah yang mendorong kesempatan ritel di Inggris menjual produk Ramadhan dengan pendekatan ‘keluarga’, misal dengan menjual permen-permen Halal, cokelat, dan cemilan Muslim-friendly di sudut ‘Ramadhan Mubarak’.

Bulan Ramadhan merupakan momen penting untuk supermarket di Inggris dan telah terbukti selama beberapa tahun terakhir, meningkatkan penjualan retail mereka.
Tren supermarket untuk menandai/merayakan Ramadhan telah banyak didukung, terutama untuk menyoroti keragaman Inggris.

Dalam iklim sentimen anti-Muslim yang berkembang akhir-akhir ini, hal ini dipandang sebagai langkah positif bagi kerukanan di komunitas.

Tayangan ideonya berikut:

http://sg.netcj.co.id/moment/video/190918/supermarket-di-inggris-juga-ikut-sambut-ramadan

Advertisements