Di Inggris, Pemilu bukan Hari Libur loh…

Daripada mikiri soal politiknya, disini kita bahas yang menarik aja dari Pemilu  Inggris yaaa.. 🙂

Setelah dalam 3 bulan Inggris diserang oleh 3 insided terorisme, pemilihan umumr tetap
dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu 8 Juni 2017. Pada hari Kamis ini, semua warga yang
berhak memilik datang ke Polling Station untuk memberikan suaranya.

Tidak seperti di Indonesia, pemilihan umum tidak libur.  Disini juga tidak ada keramaian atau antrian panjang di polling station. Hal ini karena polling station buka dari jam 7 pagi sampai 10 malam, sehingga warga bisa datang kapan saja dalam rentang waktu tersebut.

IMG_0527

Juga, tidak perlu membawa ID atau KTP, cukup membawa vote card. Vote card ini dikirim secara otomatis oleh sistem pemerintah pada warga yang telah ] mendaftarkan dirinya sebagai pemilih. Jadi, prosesnya lebih efektif dan mencegah untuk kasus double-ID. Warga hanya boleh memberikan suaranya di polling station yang sudah tertera di vote card yang dikirimkan. Begitu memasuki polling station, ada peraturan dilarang menggunakan camera/smart-phone, misalnya untuk selfie saat memilih.

Polling station memakai fasilitas publik, contohnya adalah sekolah umum di kawasan Chelsea ini.  Sekolah anak saya ini dipakai untuk polling station jadi kemarin diliburkan deh…
Ada juga polling station di gereja, seperti di Gereja St Colomba’s Church (gambar di atas). Bagi penyandang disabilitas, juga disediakn akses khusus untuk memasuki polling station.

Advertisements