Ayo tebak, apa hewan terbesar di dunia saat ini?

Dinosaurus? Bukan, mereka sudah punah. Gajah? Bukan juga.
Lalu apa? Blue whale atau paus biru adalah hewan terbesar di dunia sekarang. Sebelum tahun 1966, paus biru banyak ditemukan di samudra dunia, sampai mereka diburu manusia dan dinyatakan nyaris punah. Saat ini, keberadaanpaus biru hanya tinggal ribuan ekor. Panjang paus biru ini mencapai 30 meter dengan berat 181 ton. Umur beberapa paus ininkonon bisa mencapai 200 tahun, loh…

Nah, masih ingat dengan Dippy, replika Dinosaurus yang menjadi ikon Natural History Museum, London? Replika Dinosaurus yang telah menjadi ikon sejak tahun 1979, untuk pertama kalinya diganti. Dippy akan dibawa tur keliling Inggris mulai dari bulan May 2018 – Oktober 2020. Nah, untuk mengganti Dippy, dipasanglah kerangka asli dari paus biru. Namanya HOPE .. 🙂

Bagian pusat museum dengan kerangka paus biru ini baru dibuka untuk publik tanggal 14 Juli 2017, setelah diresmikan oleh  Duchess of Cambridge. Antusias warga sangat tinggi, belum seminggu dibuka tapi antrian terus mengular, bahkan semenjak sebelum museum dibuka sampai sore hari.

Meskipun kerangka ini telah berada di museum sejak tahun 1892 (130 tahun silam) tapi baru dipamerkah di bagian tengah museum setelah Dippy pergi untuk tur.
Tersusun dari 221 tulang seberat 4.5 ton, kerangka paus biru tergantung kokoh di langit – langit Hintze Hall seolah menyambut pengunjung museum yang terpesona.

Untuk melengkapi ‘kedatangan’ sang paus biru, dibuka juga ekshibisi mengenai paus yang dibandrol dengan biaya masuk 14 pounds/orang. Disini, kita bisa membandingkan tangan kita dengan besarnya sirip paus biru. Bermain interaktif untuk mencari mangsa di laut. Atau, mendengarkan lagu – lagu dari suara lumba-lumba.

Advertisements