Pesta Ultah Kids Zaman Now

Sudah berapa kali selama my RHapsody sekolah disini diundang ke pesta ulang tahun temannya. Kalau my Rhapsody, karena ulang tahunnya selalu jatuh saat liburan Easter yang panjaaaang…itu, jadinya gak ngundang-ngundang (=hemat euy!). Saat ia masih di Nursery, sempat 2x diundang ke ulang tahun temannya ke 3 dan ke 4 tahun di rumahnya. Mungkin karena masih kecil, jadinya hanya teman-teman dekat sekitar 5 orang beserta orang tuanya yang datang. It was the best homey party I’ve ever joined actually.. Mungkin karena ia sahabat anak ku dan orang tuanya juga asik, makanannya enak-enak dan simpel.. Terus karena ibunya guru SD, jadi selama party anak-anak selalu ada kegiatan yang edukatif.

Nah, begitu masuk ke sekolah nih, mulai beranjak besar, ternyata kids-zaman-now gak ulang tahun di rumah orang tua lagi, tapi di tempat khusus. Tempat bermain seperti Kidzania, EddieCatz, dan Gambado jadi pilihan orang tua untuk merayakan ultah. Praktis juga, disana ada area bermain dan disediakan ruangan khusus bagi yang ulang tahun, untuk anak-anak makan, taruh barang, berkumpul, dan aktivitas ulang tahun. Permainan disana ada soft-play arena yang luas dan bertingkat, area panjat-panjatan indoor, juga macam-macam permainan yang pakai koin.

party

Paket pesta ultah: badut, ruangan party, host acara party, dan makanan anak

Biasanya paket dihitung per kepala anak yang diundang, sudah termasuk acara pesta dan bermain sepuasnya disana selama 2 jam, makanan untuk anak yang diundang (juices, sandwiches, crisps, pizza, fruits), dan party bags untuk dibawa pulang. Biayanya sekitar 15-20 pounds per anak. Kalau mau tambahan, bisa pesan host serta badut untuk merayakan party (mereka yang mengadakan acara seperti games, dance bersama, bagi hadiah, etc.), juga theme party (bisa milih theme Cars, atau Princess, dsb). Kalau kue ulang tahun bawa sendiri…

Nah, gak enaknya kalau di rumah… ya bagi kami para orang tua yang mengantar. Karena paket hanya untuk anak-anaknya, jadi kami gak kebagian makan, jadi cuman bengong ngawasin anak, atau ngobrol sama ibu-ibu lain. Ya ampun… kalau di Indonesia, atau budaya Timur rasanya seperti ‘gak sopan’ ya ngundang party anak tapi orang tuanya dicuekin begitu. Tapi itu sudah setiap kali begitu… bukan MakNyo saja, tapi ternyata ibu Indo lain saat diundang party ke Kidzania juga begitu: anak-anak party, kita dianggurin gak disuguhi apa-apa, heheh… Ya mungkin budaya berbeda.

Tapi ada satu orang temannya, karena orang Afro-British yang ngundang di tempat bermain begitu jadinya kami orang tuanya disuguhi cemilan, seperti bread and sandwiches. Alhamdulillah… Lumayan lah, dikasih kue pula!

Beda banget waktu diundang temannya anak orang Malaysia atau Indonesia. Ulang tahun anak, mereka sewa ruangan hall khusus, yang satu lagi restoran, semuanya disuguhi makanan untuk orang tua dan anaknya, berlimpah ruah… MasyaAllah… Memang ya, budaya Timur lebih hospitality dan ramah tamah serta menghargai orang tua.

Waktu satu kali kemarin pesta ultah di tempat bermain, acaranya lumayan seru. Anak-anak pada joget pake lampu disco.. Halah, ada-ada aja anak zaman now ini 🙂 . So far, tentulah pesta ala Malay yang MakNyo suka, semua orang tua berkumpul, ramah tamah, anak-anak main bareng kita (tidak acara sendiri sesukanya sedangkan orang tua bengong nonton aja), dan yang paling penting: makanannya disajikan secara generous.

party2

Disco kids

 

 

 

 

Advertisements