Wisata Musim Dingin ke Engelberg

Winter holiday ini Alhamdulillah kami berkesempatan untuk mengunjungi Swiss. Sebenarnya, saat masih single dulu, sudah menikmati keindahan alam Swiss, tapi lebih asik kalau bersama keluarga ‘kan. Berhubung bawa anak, rasanya ‘malas’ ya kalau jalan-jalan hanya melihat kota. Jadi fokusnya sih biar anak main-main, terutama main salju. Di London ‘kan tidak ada salju (cuman 1 hari per 5 tahun, haha), jadi my Rhapsody was super-excited about it.

Kita berangkat dari rumah jam 2 pagi, beruntung si kecil bisa dibangunin. Sampai di bandara Gatwick pukul setengah 5 sore, dan flight jam 7 kurang pagi. Sampai di Zurich airport kita langsung menuju Engelberg. Engelberg menjadi tujuan wisata kami selama 5 hari disana. Disana, ada banyak gunung untuk ski dan permainan salju yang ditawarkan, juga ada Mount Titlis dan panorama pegunungan yang asri.

Hotel kita Spannort Inn Alhamdulillah tepat di samping stasiun kereta. Lokasinya OK banget. Bahkan, yang paling membantu, colokan listriknya disediakan colokan Eropa (sama kayak Indonesia), jadi kan gak usah repot2 cari converter plug Swiss yang 3-kaki unik itu. Teh/kopi juga disediakan gratis pagi hari di restorannya.

panorama dari balkon hotel

Sayangnya, belanja apa-apa di Swiss terasa mahal. Bukan hanya karena konversinya, tapi kalau disetarakan dengan apa yang bisa didapat dalam Pounds di London, bisa 2-3x lipatnya! Buah, makanan, roti, cokelat, dsb apa-apa mahal… hiks…

Kereta kuda di Engelberg

Waktu tahun 2009, cuman 1-day trip return Zurich-Titlis dan itu pas cuaca yang mendung jadi Nyo gak sempat lihat apa-apa, hiks… Sekarang, ‘balas dendam’ ke Titlis tiap hari, hehe… kok bisa?

Bisa dong, karena kita pakai Tell-Pass!

Tell-pass ini merupakan pass yang ditawarkan di region Lucerne. Seluruh mode transportasi, mulai dari bus, kapal, kereta, sampai cable car – GRATIS kalau sudah beli tell-pass. Harganya bervariasi, 2 hari (110 CHF), 3 hari (140 CHF), 4 hari (160 CHF), 5 hari (170  CHF), sampai 10 hari (220 CHF).

Wah, untung banget dong, kalau pakainya lebih dari 2 hari. Karena kalau dihitung-hitung, cable car return naik ke Mount Titlis sekali saja sudah 92 CHF! Dipakai 2x sudah untung. Belum naik cable-car ke gunung lain (kita satu hari pernah naik turun 3 gunung, demi memanfaatkan Tell-Pass, hehe). Naik kapal ekskursi di danau Luzern, naik kereta panoramik ke Interlaken, serta ke gunung Pilatus, juga gunung Rigi, semuanya tercakup dalam Tell-Pass ini. Tapi berhubung winter, kami hanya memakai ke tujuan tertentu, dan fokus kami disini: bermain-main salju.

WhatsApp Image 2018-01-03 at 7.32.45 AM

Pake Tell-pas gak mau rugi.. saban hari ke Titlis, dan Brunni 2x :p

Kenapa sih kita pilih  ke Engelberg? Engelberg merupakan desa yang berada di area Obwalden, Switzerland.  Engelberg berarti mountains of angels (pegunungan malaikat) karena desa ini memiliki banyak pegunungan yang memukau, seperti Mount Titlis, Brunni, dan Furenalp.

Sejak abad 19, Engelberg sudah dikenal menjadi tujuan wisata pegunungan, terutama untuk ski dengan panorama Alpen. Tidak hanya saat musim dingin, tapi juga saat musim panas, Engelberg menjadi tujuan wisata sebab ada salju abadi di puncak gunung Titlis.
Namun, saat musim dingin, semua menjadi lebih spesial dan cantik dengan timbunan salju yang menyelimuti rumah-rumah tradisional di kaki bukit.

Juga, di musim dingin, ada bus ski gratis yang bisa membawa kita berkeliling dan menuju objek-objek wisata di Engelberg. Jadi, para turis tidak perlu repot berjalan sambil memakai peralatan dan kostum ski, antara ski resort. Ada banyak kegiatan olahraga musim dingin yang bisa dilakukan di desa ini, misalnya ski, atau  jika mau yang lebih menantang: paragliding-ski. Kostum dan peralatan ski sudah dikenakan saat paragliding.  Begitu mencapai gunung, mereka bisa terjun dan langsung ski meluncur ke lembah. Wow…. Pertama kali Nyo lihat orang paragliding langsung ski lalu berhenti tepat di depanku. Rasanya, speechless, awal-awal dikira orangnya jatoh, ternyata meluncur cepat ski-nya  😮 😮 😮

Di abad pertengahan, Engelberg dikenal akan kualitas edukasi untuk monasteri Benedictine. Monasteri ini masih bisa kita jumpai, dan di sebelah kloster monasteri ini ada pabrik keju Schaukäserei. Disini kita bisa melihat proses pembuatan keju, mulai dari penuangan susu, pemberian rennert, kulturisasi sampai pemotongan/pencetakan keju. Setelah itu, kita juga bisa membeli aneka keju homemade, seperti Fondue keju Swiss yang terkenal, atau keju Alpen dengan berbagai rasa, dari cabai sampai labu. Yummyy…